3 Cara Cek Status Unlock Bootloader Hp Xiaomi

UBL atau Unlock Bootloader sering sekali kita dengar terutama di forum ataupun group Xiaomi. Nah, Untuk kamu pengguna Xiaomi yang ingin tahu status bootloader Hp Xiaomi bisa mengikuti panduan dibawah ini tanpa PC dan dengan PC.

Seperti para pengguna Xiaomi ketahui, kalau Xiaomi sejak merilis Redmi 3 mulai menerapkan bootloader yang terkunci (Locked Bootloader). Sehingga para pengguna tidak akan bisa merubah sistem atau partisi dari smartphone mereka seperti install TWRP, Custom ROM dan lainya.

Meskipun begitu, Xiaomi masih memberikan kita pilihan untuk membuka kunci bootloader (Unlock Bootloader) di smartphone mereka. Xiaomi sendiri membuatkan tool khusus untuk penggunanya yang ingin melakukan Unlock Bootloader yang bernama Mi Flash Unlock.

Apabila kamu sudah sukses melakukan UBL atau Unlock Bootloader Xiaomi dengan Mi Flash Unlock ini dan masih masih ragu apakah sudah berhasil atau belum dan ingin mengecek kembali status bootloadernya dengan mudah.

Demikian juga dengan yang baru membeli HP Xiaomi bekas, pastinya akan mencari tahu terlebih dahulu apakah Xiaomi tersebut sudah di UBL atau belum. Sama halnya dengan pengguna Xiaomi distributor, yang biasanya sudah berstatus unlocked tapi sebenarnya itu Fake UBL.

Untuk itu kamu perlu mencari tahu status bootloader Xiaomi tersebut. Nah, disini saya share 3 cara untuk mengetahui status bootloader di HP Xiaomi.

Melihat Status Unlocked Saat Restart

Cara pertama yang paling mudah adalah melihat tanda kunci Unlocked saat di restart. Nah, coba kamu matikan Xiaomi terlebih dahulu kemudian hidupkan kembali. Kalau terlihat tulisan Unlocked seperti gambar dibawah ini, berarti Xiaomi kamu sudah di UBL.
Tanda Unlocked Saat Xiaomi Restart

Cek Melalui Menu Status Mi Unlock

Buka Setelan atau Setting, kemudian pilih Tentang Ponsel kalau di MIUI 8/7/6 ada di paling bawah. Setelah itu klik 7x Versi MIUI nanti muncul notifikasi “Sekarang anda sudah menjadi pengembang“. Setelah itu buka Setelan Tambahan pilih Opsi Pengembang kemudian buka menu Status Mi Unlock disitu akan terlihat statusnya kalau tertulis Perangkat Telah Terbuka itu menandakan HP tersebut sudah terunlocked.
Status Mi Unlock Di Opsi Pengembang Xiaomi

Akan tetapi, kedua cara diatas masih kurang meyakinkan, karena biasanya Hp Xiaomi yang Fake UBL, akan terlihat seperti itu. Untuk itu saya lebih merekomendasikan menggunakan cara ketiga ini melalui fastboot. Untuk itu kamu harus memiliki PC.

Cek Status UBL via Fastboot

Untuk kamu yang sudah melakukan UBL via Mi Unlock Tool tentunya masih tersimpan file tersebut. Kamu bisa menggunakan file tersebut untuk bisa mengetahui dengan pasti status UBL. Untuk yang belum silahkan download dulu file Mi Unlock Tool ini. Setelah itu ekstrak file tersebut.

Sekarang ikuti cara cek status UBL lewat Fastboot dibawah ini.

  1. Pertama masuk terlebih dahulu ke Fastboot Mode, caranya dalam keadaan mati tekan tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama, tahan sampai masuk ke Fastboot. Setelah itu hubungkan Hp Xiaomi kamu ke PC.
    Fastboot Mode Xiaomi
  2. Buka folder Mi Unlock yang telah diekstrak tersebut, kamu pencet dan tahan tombol Shift kemudian klik kanan pada mouse. Selanjutnya pilih Open Window Command Here.
    Open Command Window Here
  3. Setelah command prompt terbuka, kamu ketik dulu fastboot device untuk mengecek apakah HP Xiaomi kamu sudah terhubung dengan PC. Kalau terdetek akan ada keterangan dibawahnya berupa kode unik HP kamu. Coba lihat pada screenshot ini.
    Command Fastboot Device
  4. Setelah itu ketik fastboot oem device-info nantinya akan terlihat status bootloader, kalau tertulis Device Unlocked : True itu artinya berhasil melakukan UBL atau sudah terunlocked dengan sempurna. Kalau False berarti belum di UBL.
    Xiaomi Yang Unlocked Bootloader

Demikianlah 3 cara untuk mencari tahu status bootloader di HP Xiaomi. Dan saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara ketiga melalui Fastboot via PC.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *