Cara Root Redmi 2 / Prime Tanpa PC

Tutorial cara root Redmi 2 dan Redmi 2 Prime di MIUI 6, 7, 8 dan MIUI 9 Android Lollipop serta Kitkat tanpa menggunakan perangkat PC. Seperti kita ketahui pada awal bulan ini Xiaomi baru saja memasarkan smartphone terbaru mereka Redmi 2 di indonesia, dengan harga 1,5 juta kita sudah bisa memiliki smartphone ini. Bagi yang baru saja memiliki HP Xiaomi ini dan berkeinginan untuk membuka akses root bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Berhubung metode cara root Xiaomi Redmi 2 yang dulu pernah saya posting di sini sudah ketinggalan jaman, sekarang share lagi metode yang lebih simple dan tanpa perlu PC juga. Baik itu kamu menggunakan MIUI 6 / 7 / 8 / 9 versi Kitkat atau Lollipop bisa menggunakan metode ini.

Untuk bisa mendapatkan akses root di Xiaomi Redmi 2, pertama kamu harus install TWRP terlebih dahulu melalui menu Updater yang terdapat di ROM MIUI. TWRP dari kumajaya ini sudah support bootloader Kitkat dan Lollipop, dalam artian TWRP ini bisa berjalan dengan baik di versi Lollipop dan Kitkat.

Nah, kalau sudah berhasil pasang TWRP, kamu dapat dengan mudah mengikuti prosedur cara root Redmi 2 dengan menggunakan Magisk ataupun SuperSU.

Cara Install TWRP Di Redmi 2/Prime (MIUI 6/7/8/9)

letak versi redmi 2

  1. Silahkan pilih TWRP sesuai dengan versi Redmi 2 kamu. Untuk mengetahui versi/ekor dari Redmi 2 yang kamu gunakan. Lihat di belakang batere. Coba lihat contoh gambar di atas, disitu tertulis 2014811 berarti saya harus menggunakan TWRP versi HM2014811.
    1. TWRP buat Redmi 2 HM2014811, HM2014817, HM2014818, HM2014819, HM2014821 (sudah di tes)
    2. TWRP buat Redmi 2 HM2014813 (belum di tes)
  2. Setelah file TWRP terdownload, kamu rename namanya menjadi update.zip (penulisan harus huruf kecil) dan letakan file tersebut di Penyimpanan Internal/Internal Storage (pastikan peletakan filenya di luar folder)
    rename jadi udpate.zip
  3. Setelah itu buka aplikasi Updater/Pembaharuan yang ada di Folder Tools atau Alat kemudian pilih 3 titik di bawah batere yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu Pilih Paket Pembaharuan dan pilih file update.zip
    pilih paket pembaharuan
  4. Otomatis Redmi 2 kamu akan reboot dan menginstall TWRP.

Apabila mengalami Error : Install update.zip failed, di MI Recovery pilih English kemudian install update.zip to system kemudian pilih Yes.

Bagi yang belum tahu mengoperasikan Mi Recovery ini, kamu cukup gunakan tombol Volume untuk navigasi naik dan turun dan tombol Power untuk Enter.

Untuk memastikan apakah TWRP sudah terinstall coba buka aplikasi Pembaharuan dan pilih 3 titik di atas kemudian pilih Mulai Ulang ke Mode Pemulihan atau bisa juga dengan mematikan Redmi 2 terlebih dahulu kemudian tekan Tombol Volume Atas, Volume Bawah dan Power bersamaan lepaskan apabila telah muncul logo MI. Nanti akan masuk ke menu TWRP.

Screenshot TWRP Redmi 2
TWRP Redmi 2 Kumajaya

Sekarang kamu sudah berhasil pasang TWRP Redmi 2, Kamu sudah bisa menginstall berbagai custom ROM seperti Funtouch OS, ColorOS yang pernah saya porting untuk Redmi 2.

Tapi kalau masih ingin menggunakan MIUI dan hanya ingin di root saja, kamu dapat mengikuti proses berikutnya mengenai cara root Redmi 2 melalui TWRP. Kamu bisa mendapatkan akses root dengan cara menginstall SuperSU atau Magisk.

Cara Root Redmi 2/Prime Lollipop Dan Kitkat

  1. Download file SuperSU Redmi 2 ini
  2. Selanjutnya masuk ke TWRP. Caranya matikan HP terlebih dahulu kemudian tekan tombol Volume Atas, Volume Bawah Dan POWER. Tahan ketiga tombol dan lepaskan apabila telah muncul logo Mi.
  3. Pada menu TWRP pilih Install kemudian cari dan pilih file UPDATE-SuperSU-v2.82-20170528234214.zip
  4. Kalau sudah selesai silahkan pilih tombol Reboot System<
  5. Redmi 2 kamu akan reboot dan telah sukses di root dengan SuperSU

Untuk cek apakah root Redmi 2 sudah berhasil, silahkan install Root Checker bisa kamu dapatkan di Play Store. Kalo berhasil Redmi 2 pada aplikasi Root Checker tertulis “Congratulations root access is properly installed on this device“.

Demikianlah cara root Redmi 2 tanpa PC yang bisa saya share, semoga metode ini masih bisa di terapkan di MIUI versi terbaru. All credit buat Kumajaya yang telah membuatkan kita TWRP yang support Lollipop dan Kitkat.

Tags

26 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *