TIPS n TRIK

Cara Pasang Xposed Di Android Lollipop Dan Marshmallow

Cara pasang Xposed Framework di Android Lollipop dan Marshmallow. Sejak Google mengeluarkan Android Lollipop salah satu aplikasi yang sering kita gunakan untuk kustomisasi smartphone android kita, yaitu Xposed Framework tidak bisa digunakan seperti biasa lagi. Tapi jangan kuatir pengembang/developer aplikasi ini, Rovo89 masih terus mengembangkan aplikasi ini agar dapat berjalan di Android 5.0 Lollipop keatas. Meski masih dalam tahap Beta tapi aplikasi ini sekarang sudah dapat berjalan cukup baik di beberapa smartphone android, tapi untuk metode penginstallan tidak seperti dulu lagi sedikit ribet karena harus menggunakan custom Recovery TWRP/CWM.

Xposed Framework adalah salah satu aplikasi yang banyak di gunakan dikarenakan memiliki banyak fungsi yang bisa di terapkan di Android kamu. Xposed Framework ini mewadahi berbagai ratusan module yang beraneka ragam fungsinya ada yang untuk kustomisasi seperti menganti tampilan lockscreen, icon, statusbar dan lain sebagainya. Selain itu banyak juga modul yang bisa di gunakan untuk meningkatkan performa smartphone android kamu seperti Swap RAM, hibernasi aplikasi sistem, overclock, baterai backup dan banyak hal keren yang bisa kamu dapatkan.

Jadi Xposed ini mempermudah kamu untuk mengedit system android tanpa perlu merubah aplikasi system yang ada di smartphone kamu. Terimah kasih buat Rovo89 yang telah mengembangkan aplikasi ini.

Perhatian

  1. Wajib Android kamu sudah di Root terlebih dahulu dan telah terinstall custom Recovery TWRP/CWM, untuk ini silahkan search digoogle cara root dan install TWRP di hape kamu.
  2. Segala akibat dari tutorial ini bukan tanggung jawab saya.
  3. Untuk amannya rekomendasi lakukan backup ROM terlebih dahulu sebelum install Xposed ini

Download Xposed Framework

Untuk mendownload file Xposed yang kompatible dengan smartphone android yang kamu gunakan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu Arsitektur Prosessor dan SDK (Software Development Kit) yang di gunakan smartphone kamu, memang Xposed untuk lollipop keatas sedikit ribet tidak seperti Xposed Kitkat yang cukup dengan menginstall aplikasi installer saja.

Bagi yang belum tahu caranya mengetahui SDK dan Arsitektur Prosessor bisa menggunakan aplikasi CPU-Z yang bisa kamu download melalui Google Play Store.

Sekarang kamu buka aplikasi CPU-Z kemudian pilih tab System

CPU-Z info hardware
SDK 23 Kernel Arsitektur 32-bit

Contoh gambar di atas yang saya tandai warna merah disitu API Level 23 bearti menggunakan SDK23 dan pada Kernel Architecture armv71 itu bearti menggunakan prosessor dengan arsitektur 32-bit.


Contoh gambar kedua ini terlihat API Level 21 bearti menggunakan SDK21 dan pada Kernel Architecture aarch64 itu bearti menggunakan prosessor dengan arsitektur 64-bit

Ket SDK / API Level
API Level 21 / sdk21 – menggunakan Android 5.0,5.0.1,5.0.2 Lollipop
API Level 22 / sdk22 – menggunakan Android 5.1.1 Lollipop
API Level 23 / sdk23 – menggunakan Android 6.0 Marshmallow

Ket Arsitektur Prosessor
arm64 / aarch64 untuk ROM 64-bit
arm /armv7 / armeabi untuk ROM 32-bit
x86 untuk pengguna Intel seperti zenfone 4,5,6

Saya harap sampai disini kamu sudah paham ya, nah sekarang lanjut dengan mendownload file Xposed Framework ini.

Nah disitu ada pilihan SDK kemudian pilih arsitektur prosessor arm atau arm64 setelah itu kamu pilih file .zip yang terbaru (paling bawah) tapi jangan yang ada .asc ya.

Berikutnya kamu download juga file Xposed Uninstaller. pilih yang sesuai arm atau arm64.

Cara Install Xposed Framework Di Android Lollipop Dan Marshmallow

  1. Masuk ke custom recovery TWRP atau CWM. Untuk cara masuknya tiap HP berbeda-beda, mungkin kamu lebih tahu tentang cara masuk ke TWRP di HP kamu. Kalau memang kalian tidak tahu gunakan aplikasi Quick Reboot, aplikasi tersebut ada pilihan untuk Reboot to Recovery.
  2. Selanjutnya Pilih Install dan pilih file xposed-v87-sdk22-arm.zip kemudian Swipe to install
  3. Setelah itu pilih Reboot System
    install xposed via twrp
  4. Booting proses sedikit lebih lama dari biasanya

Proses booting memang sedikit lebih lama dari biasanya, jadi harap bersabar saja.

Sekarang kamu install aplikasi Xposed installer apk, menginstall aplikasi ini kalian harus mengaktifkan Unknown Source/Sumber tidak di kenal yang ada di SetelanSetelan tambahanPrivasiSumber Tidak di kenal.

Aplikasi Xposed Installer 3.1.1 APK Lollipop Dan Marshmallow 2.84 MB

Setelah terpasang buka aplikasi Xposed Installer, kalau Xposed berwarna hijau bearti sudah aktif dan berhasil terpasang.
sukses terinstall xposed andromax a

Tags
Loading...

Tautan Cara Pasang Xposed Android Lollipop Marshmallow

4 thoughts on “Cara Pasang Xposed Di Android Lollipop Dan Marshmallow”

  1. Permisi gan , saya kemarin coba install Xposed Frameworknya di Samsung Galaxy S5 saya yang berjalan di Android Lollipop 5.0 , tetapi selalu bootlop
    Untuk bisa menginstallnya apakah saya harus mengganti Romnya menjadi ROM Cyanogenmod? katanya rata2 samsung itu odexed , dan yang bisa itu harus deodexed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *