TIPS n TRIK

Cara Menggunakan TWRP untuk Install Custom ROM

Cara Install ROM via TWRP – Salah satu kelebihan dari Android adalah kita bisa melakukan kustomisasi baik itu dengan Tema ataupun Custom ROM. Untuk memasang Custom ROM, kamu memerlukan yang namanya custom recovery seperti CWM, Philz Recovery atau TWRP.

Berhubung masih banyak yang belum familiar dengan custom recovery TWRP (Team Win Recovery Project), untuk itu kami akan memberikan tutorial lengkap cara menggunakan TWRP untuk install ROM di sertai gambar, agar lebih mudah dimengerti lagi.

Sebenarnya caranya menggunakan TWRP sama dengan CWM, malah lebih mudah dan simple. Cuma berhubung rata-rata di blog kalo share rom/tweak lebih ke cara CWM untuk penginstalanya mungkin yang baru pertama kali akan bingung dengan menu-menu yang ada di TWRP.

Sebelum melakukan instalasi ROM via TWRP, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Perhatian

  1. Pastikan sudah terinstall custom recovery TWRP sesuai dengan smartphone/tablet kamu.
  2. Segala resiko yang ditimbulkan dari tutorial ini bukan tanggung jawab kami.
  3. Sangat direkomendasikan untuk melakukan backup ROM kamu lebih dahulu sebelum install custom rom, untuk itu lihat disini cara backup ROM via TWRP.
  4. Pastikan Internal Storage masih tersisa ruang kosong minimal 2x ukuran file ROM. Misalkan ROM yang akan kamu install sebesar 1GB jadi minimal penyimpanan internal masih ada 2 GB.

Selalu membaca persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk instalasi ROM yang kamu inginkan. Contohnya ada beberapa ROM yang mengharuskan kamu menggunakan versi TWRP yang lain atau melakukan upgrade firmware terlebih dahulu. Misalkan Custom ROM yang akan kamu install menggunakan base Lollipop dan saat ini kamu masih menggunakan Kitkat tentunya ROM tersebut tidak akan berjalan dengan baik bahkan mengalami bootloop.

Tutorial Flash / Install ROM via TWRP

  1. Taruh file custom rom di sdcard atau internal storage (rekomendasi di Sdcard)
  2. Masuk ke menu recovery TWRP¬† kemudian klik Wipe dan Geser icon panah “Swipe to factory reset” tunggu sampai sukses
    Cara Menggunakan TWRP untuk Install Custom ROM 1
  3. Setelah melakukan wipe, kembali lagi ke halaman depan kemudian klik “Install” selanjutnya akan masuk ke file manager twrp, di bawah tulisan “Select zip to install” ada tombol buat memilih untuk menampilkan isi dari Micro Sdcard atau internal storage. kalo kamu file custom rom terletak di Sdcard pilih SDcard (Micro Sdcard). Selanjutnya cari file custom rom dan klik file tersebut (contoh: Pac-man-C2.zip).
    Cara Menggunakan TWRP untuk Install Custom ROM 2
  4. Selanjutnya geser icon panah kekanan “Swipe to confirm Flash“. tunggu sampai flashing selesai dengan di tandai dengan tulisan “Successful” dan terakhir “Reboot System“.
    Cara Menggunakan TWRP untuk Install Custom ROM 3

OK, sekarang kamu tinggal tunggu sampai masuk ke homescreen……Untuk proses booting memang lebih lama dari biasanya terkadang sampai 20 menit. Apabila memang lebih dari 30 menit hanya terhenti di Logo saja, kemungkinan besar proses flashing mengalami kegagalan.

Tags
error: Content is protected !!