ROOT

Cara Pasang TWRP Dan Root Redmi Note 7 (Lavender)

Bagaimana cara pasang TWRP Redmi Note 7? Hal ini sering sekali dipertanyakan oleh pengguna Redmi Note 7. Untuk itu saya akan memberikan prosedur lengkap mengenai instalasi TWRP di Redmi Note 7 “Lavender” dan juga cara membuka akses root Redmi Note 7 lewat TWRP ini.

Redmi Note 7 dirilis sekitar bulan Maret tahun 2019 ini, dimana dibekali dengan spesifikasi yang tergolong handal seperti Chipset Snapdragon 660 buatan Qualcomm, dukungan RAM 3GB / 4GB serta GPU Adreno 512 untuk menghandle antarmuka MIUI 10 berbasis Android 9.0 (Pie). Smartphone ini memiliki layar berukuran 6.3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel.

Meskipun baru dirilis, tapi Redmi Note 7 ini sudah memiliki berbagai custom ROM keren yang akan memberi pengalaman berbeda dengan MIUI. Saat ini beberapa custom ROM terkenal seperti LineageOS, cRdroid, Ressurection Remix sudah bisa kamu install untuk menggantikan MIUI.

Untuk menginstall custom ROM tersebut kamu harus memasang custom recovery TWRP Redmi Note 7 terlebih dahulu. Sebenarnya bukan hanya custom ROM saja, berbagai file flashable zip bisa kita install, seperti Magisk untuk mendapatkan akses root dan module Google Camera, Xposed untuk tweak dan kustomisasi, dan berbagai file lainya.

Selain itu dengan adanya TWRP terpasang di Redmi Note 7 akan memudahkan kita untuk memperbaiki masalah-masalah ringan seperti menghapus password atau pola karena lupa, mengatasi lupa Akun Mi dengan mengisntall custom ROM, memperbaiki bootloop dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang ingin memasang TWRP di Redmi Note 7, kamu bisa mengikuti tutorial yang saya sampaikan dibawah ini. Tapi sebelumya kamu harus sudah sukses melakukan Unlock Bootloader Redmi Note 7 terlebih dahulu dan menyiapkan perangkat PC dengan OS Windows.

Cara Pasang TWRP Redmi Note 7 (Lavender)

  1. Download Tool TWRP Redmi Note 7 ini. Setelah itu extract file tersebut di PC.
  2. Unduh juga file Disable Dm-Verity ForceEncrypt. Letakan file ini di SDcard (rekomendasi) atau Internal Storage Redmi Note 7.
  3. Kalau semua bahan sudah siap, matikan Redmi Note 7, kemudian tekan dan tahan sejenak tombol Volume Bawah dan Power bersamaan. Kalau sudah masuk ke Fastboot Mode lepaskan kedua tombol tersebut.
    fastboot mode xiaomi
  4. Sambungkan Redmi Note 7 ke PC dengan menggunakan kabel USB (sebaiknya gunakan kabel USB original Xiaomi).
  5. Sekarang buka folder ADB Fastboot Tool yang telah kamu extract tadi. Disitu ada file OPEN. Double klik file tersebut nanti akan terbuka Command Prompt.
  6. Ketikan perintah seperti dibawah ini, tujuannya untuk mengecek apakah HP kita sudah terdetek oleh PC. Kalau tidak terdetek seperti gambar dibawah silahkan lihat Solusi atasi Xiaomi tidak terdetek di PC.
    fastboot devices

    redmi note 7 terdetek di pc

  7. Kalau terdetek kode unik HP kita seperti gambar diatas, lanjut dengan mengetik perintah.
    fastboot flash recovery recovery.img

    flash twrp redmi note 7 selesai

  8. Kalau sudah selesai, cabut kabel USB dan tekan tombol Volume Atas dan Power tahan kemudian lepaskan apabila terasa mau hidup (bergetar). Kalau berhasil akan langsung masuk ke TWRP.
  9. Langkah berikutnya kamu install file Disable Dm-Verity, caranya pilih Install dan pilih file Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt_02.04.2019.zip.
    pilih dmverity redmi note 7
  10. Selanjutnya Swipe To Confirm Flash. Kalau sudah selesai, silahkan melanjutkan proses root atau bisa juga dengan memasang custom ROM.
    flash dm verity selesai

Saat ini kamu sudah bisa menginstall custom ROM yang bisa didapatkan di forum XDA Developer, Facebook Group atau Telegram Group.

Tapi kalau ingin di root saja, bisa melanjutkan proses berikut ini mengenai cara root Redmi Note 7 via Magisk. Untuk mendapatkan akses root disini kita hanya bisa menggunakan Magisk sebab SuperSU sudah tidak bekerja dengan baik di Android Oreo keatas.

Untuk detailnya lihat dibawah ini.

Cara Root Redmi Note 7 Dengan Magisk

  1. Download Magisk Root Tool ini dan taruh Magisk Root tersebut di Memory Card ataupun Penyimpanan Internal Redmi Note 7.
  2. Di TWRP pilih menu Install dan pilih file Magisk-v19.3.zip
  3. Kemudian pada bagian bawah geser tombol Swipe To Confirm Flash.
  4. Proses root Redmi Note 7 dimulai dan tunggu beberapa saat sampai instalasi Magisk selesai.
  5. Kalau sudah finish silahkan di Reboot.

Sekarang di Redmi Note 7 kamu sudah ada aplikasi Magisk Manager dan itu menandakan root redmi note 7 telah berhasil. Tapi untuk lebih meyakinkan lagi bisa cek menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store.

Demikianlah cara pasang TWRP dan root pada Redmi Note 7. Semoga dengan artikel ini TWRP bisa terpasang permanen di Redmi Note 7 dan juga akses root berhasil kamu dapatkan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!