Cara Root Android dengan Kingroot

Cara Root Menggunakan Kingroot – Saat ini Kingroot begitu populer, karena kemampuannya dalam membuka Root akses di hampir semua perangkat Android baik itu masih menggunakan Operasi system Eclair (Eclair) sampai 5.1 Lollipop bisa di root dengan aplikasi ini.

Kingroot dikembangkan oleh pengembang android dari china, Kingroot Studio. Root adalah langkah awal yang harus kalian lakukan apabila ingin memaksimalkan penggunaan Android kamu.

Dengan mendapatkan akses root kita bisa dengan leluasa memodifikasi system android baik itu menggunakan aplikasi ataupun dengan berbagai script yang dikembangkan oleh para opreker.

Apa itu Kingroot?

Kingroot adalah sebuah root tool yang mampu membuka akses root sistem Android di berbagai versi dari Android Eclair sampai Lollipop.

Root dengan Kingroot ada 2 metode yaitu Root dengan aplikasi alias tanpa PC dan root via PC. Kingroot memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dibandingkan aplikasi root tool yang lain seperti Kingo Root atau 360Root.

Cara Root HP / Tablet Android Menggunakan Kingroot

Untuk proses root dengan aplikasi ini sangatlah mudah asalkan akses internet yang kamu gunakan stabil dan cepat. Hanya dalam waktu 5 menit HP Android kamu sudah berhasil 100% di root.

  1. Unduh dan install Kingroot APK terbaru.
  2. Apabila penginstalan di blokir oleh Play Protect pilih Detail kemudian pilih Tetap Instal (tidak aman).
    kingroot tidak terblokir
  3. Setelah berhasil terpasang buka aplikasi Kingroot dan klik tombol biru bertuliskan “Coba ini“. Kingroot akan memeriksa apakah perangkat android kamu sudah di root apa belum. Kemudian klik tombol Coba
    check status root kingroot
  4. Proses root akan berjalan silahkan tunggu sampai selesai (butuh akses internet yang cepat dan stabil)
  5. Kalau sukses akan di tandai dengan checklist dengan tulisan “Root berhasil
    sukses 100% root dengan kingroot

Apabila muncul permintaan root, klik permintaan dan tunggu sampai proses pembaharuan selesai. Kalau proses permintaan terlalu lama coba di tutup dulu aplikasi kingrootnya melalui task manager atau matikan hp kamu terlebih dahulu dan buka kembali kingrootnya.

Tips buat yang gagal root

Tiap model HP berbeda-beda tingkat kesuksesan, untuk yang masih gagal di root bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

  • Jika aplikasi Kingroot tidak bisa terpasang, solusinya matikan internet terlebih dahulu, kalau sudah terinstal baru hidupkan lagi internetnya.
  • Coba di ulangi lagi Root nya sampai 3 kali.
  • Apabila saat proses root hp kamu tiba-tiba restart hal tersebut normal, buka kembali kingrootnya agar proses root berjalan kembali.
  • Aktifkan USB Debugging dan Enable OEM unlock di Developer Option/Opsi Pengembang. Di beberapa kasus dengan mengaktifkan 2 opsi tersebut Root yang tadinya gagal bisa sukses.
  • Alternatif lain kamu bisa mencoba root menggunakan KingoRoot atau 360Root

Cara Menghilangkan KingRoot (UNROOT)

cara unroot kingroot
Apabila kamu berencana mengembalikan kondisi ke semula, tanpa root lagi, kamu bisa gunakan cara berikut ini untuk melakukan Unroot atau menghilangkan Kingroot.

  1. Buka aplikasi Kingroot yang ada di hp kamu./
  2. Kemudian klik 3 titik di pojok kanan atas.
  3. selanjutnya pilih Pengaturan.
  4. pilih Copot Kingroot.

Beberapa contoh kelebihan Android yang di Root:

Akses Internet 4G di SIM 2 – Beberapa smartphone Android seperti seri Andromax 4G, Lenovo A6000 dan mungkin yang lainnya, Akses internet di SIM 2 dibatasi hanya berjalan di 2G saja.

Dengan memodifikasi aplikasi system yang ada di smartphone tersebut kita bisa memunculkan opsi jaringan 4G atau bisa juga dengan menggunakan custom rom.


Memindahkan Aplikasi dan Data Ke SDcard – Kebanyakan smartphone/tablet Android tidak memiliki opsi untuk memindahkan aplikasi dan data ke SDcard, sehingga Penyimpanan Internal di Smartphone kamu cepat penuh.

Untuk mengatasi ini kalian membutuhkan aplikasi FolderMount, APP2SD, XinternalSD dan lain-lain, aplikasi-aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di smartphone yang sudah di root.


Memasang Tweak Untuk Meningkatkan Performa – Tweak untuk meningkatkan performa Android kamu baik itu dalam hal bermain game ataupun daya tahan batere yang di share oleh para opreker sangat beragam dan jenisnya ada yang berupa script ada juga berbentuk aplikasi.

Contohnya aplikasi GLTOOLS dengan aplikasi ini kamu bisa mengoptimalkan kinerja GPU (Graphics Processing Unit) smartphone kamu.


Memanipulasi System – Banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memanipulasi system, contohnya Hide Root, Hide Mock Location atau FakeGPS, dengan aplikasi Hide Mock dan FakeGPS kamu bisa memanipulasi lokasi kamu berada, aplikasi seperti ini sangat berguna bagi driver online atau pacar kamu yang “kepo” yang ingin tahu keberadaan kamu.

Atau kalau kamu senang bermain game dan ingin menang terus bisa menggunakan aplikasi Xmod Games ataupun Game Guardian.

Beberapa Kekurangan Setelah Melakukan Root

Menghilangkan Garansi HP – Secara default para vendor smartphone mengunci akses rootnya agar kita tidak sembarang melakukan memodifikasi sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone yang kita gunakan disengaja ataupun tidak. Makanya smartphone yang sudah di Root biasanya akan di tolak garansinya.


Rentan terinveksi virus – Melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, kamu bisa memasang antivirus seperti Avast, Kaspersky, ESET, Bitdefender dan AVG.

Akhir Kata

Dengan adanya tutorial root menggunakan Kingroot ini memudahkan para pengguna Android yang tidak memiliki PC untuk meroot HP-nya. Selain itu juga agar kamu paham dengan manfaat dan kerugian yang akan kamu dapatkan nanti.

Share tutorial ini ke pengguna Android yang lain, agar mereka juga dapat dengan mudah mendapatkan akses root dengan menggunakan Kingroot.

Jika kamu ada pertanyaan tentang cara root dengan kingroot ini silahkan tinggalkan komentarnya dan bagi yang berhasil di Root android nya diharapkan komentarnya.

Tags

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close