Cara Mengunci 4G HP OPPO

Salah satu cara agar jaringan 4G tidak berpindah ke 3G/H adalah dengan melakukan penguncian jaringan. Untuk itu disini saya akan memberikan 2 cara paling mudah lock jaringan 4G di semua HP OPPO.

Saat ini, semua perangkat Android buatan Oppo sudah dibekali dengan jaringan 4G, karena teknologi ini paling banyak diminati oleh pengguna. 4G memiliki banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya, salah satunya dalam hal kecepatan akses internet.

Akses internet yang cepat dan stabil adalah salah satu hal yang penting, percuma kita memiliki HP dengan spesifikasi terbaru dan canggih tapi memiliki koneksi internet yang tidak stabil serta lemot. Meskipun HP Oppo kamu sudah 4G belum ada jaminan koneksi internetnya akan lancar.

Banyak faktor penyebab kenapa internet kita tidak stabil serta pelan, salah satunya area jangkauan jaringan 4G. Kalau kamu berada di area yang jauh dari jangkauan BTS 4G dari operator seluler yang kamu gunakan tentunya akan sering mengalami perpindahan jaringan dari 4G ke 3G/H bahkan 2G.

Saat ini, banyak operator seluler menawarkan paket internet dengan berbagai pilihan. Ada paket yang khusus untuk semua jaringan dan ada juga paket yang hanya untuk jaringan 4G saja. Biasanya paket 4G ini memiliki kuota lebih banyak dan bahkan harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan paket data internet untuk jaringan 3G ataupun HSDPA.

Seringnya jaringan HP Oppo kamu berpindah ke 3G/H, menyebabkan kuota 4G tidak akan bisa maksimal digunakan. Saat masa aktif paket sudah tidak berlaku, kuota 4G masih tersisa banyak. Oleh sebab itu, kamu perlu mengunci 4G ini agar tidak berpindah-pindah lagi.

Cara Mengunci Jaringan 4G OPPO

Secara default, pengaturan jaringan di HP Oppo berada pada settingan 4G/3G/2G (Otomatis). Dimana pengaturan ini bisa mengakses semua jaringan, kalau sinyal 4G lemah otomatis akan berpindah ke 3G, kalau 3G juga masih kurang akan berpindah lagi ke 2G.

Berhubung di menu setting tidak disediakan opsi 4G Only, kamu perlu mengakses menu pengaturan jaringan tersembunyi yang ada di HP Oppo kamu. Disini saya share 2 cara agar bisa mengakses menu jaringan yang tersembunyi ini.

1. Menggunakan Kode Dial Pengujian Jaringan

Kode Jaringan 4G OPPO

  1. Buka Telepon dan ketik kode *#*#4636#*#*.
  2. Nantinya akan masuk ke menu Menguji.
  3. Di menu ini ada beberapa pilihan.
  4. Pilih Informasi Telepon.
  5. Dibagian Setel jenis jaringan yang disukai pilih 4G Only.
  6. Otomatis 4G akan terkunci dan tidak akan berpindah lagi.
Saat ini, kode jaringan diatas sudah tidak bisa lagi, karena pihak OPPO telah mengganti kode tersebut. Tapi kamu masih bisa mengaksesnya dengan menggunakan aplikasi 4G Switcher yang saya share dibawah ini.

2. Menggunakan Aplikasi

Berhubung kode dial jaringan diatas sudah di tidak bisa lagi di HP OPPO yang sudah terupdate Androidnya. Disini kita akan menggunakan bantuan aplikasi yang bisa mengakses langsung ke pengaturan jaringan yang ada opsi 4G Only.

  1. Download dan install 4G LTE Switcher Lewat Google Play Store.
  2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut
  3. Kemudian Set Preferred Network Type.
  4. Pilih jaringan LTE Only.
  5. Sekarang coba lihat, kalau sinyal sudah berubah menjadi 4G.

Untuk yang belum berhasil maupun sudah bisa mengunci 4G ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Catatan:

  • Pastikan di daerahmu sudah tercover jaringan 4G dari Operator seluler yang kamu gunakan
  • Pastikan HP OPPO kamu sudah mendukung jaringan 4G.
  • Mengunci jaringan 4G only akan menyebabkan tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun SMS. Terkecuali pengguna OPPO dengan kartu Smartfren, bisa mengaktifkan fitur Volte, agar bisa melakukan panggilan telepon di jaringan 4G Only.

Demikianlah tips tentang bagaimana cara mengunci jaringan 4G di HP OPPO, semoga kedua cara tersebut berhasil kamu terapkan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *