Cara Hard dan Factory Reset Redmi 6A

Cara Reset Redmi 6A – Xiaomi sudah terkenal di negara kita berkat smartphone rakitannya yang memiliki spesifikasi hardware menarik dengan harga yang ga bikin kantong bolong, salah satu Hp Xiaomi yang populer adalah Redmi 6A ini.

Xiaomi Redmi 6A dihadirkan dengan desain yang keren, dimana memiliki bentang layar seluas 5.45 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1440 pixels yang memiliki density 295 ppi dan LCD IPS touchscreen membuat layar Smartphone ini mampu menampilkan visual yang tajam serta jernih.

Sedangkan untuk sektor dapur pacu, Redmi 6A ini telah dibekali dengan chipset Mediatek A22 Quad-Core 2 GHz yang didukung oleh RAM 2GB, kartu grafis IMG PowerVR GE-class dan penyimpanan internal seluas 16GB. Sedangkan pada OS, HP ini menggunakan MIUI 9.5 berbasis Android 8.1 Oreo.

Sekeren apapun sebuah perangkat elektronik, tentunya tidak akan terbebas dari berbagai masalah. Entah itu dibuat karena kesalahan pemakaian penggunanya seperti lupa kunci pola, install aplikasi bervirus, salah penyetinggan atau memang masalah dari Hp ini sendiri seperti penyimpanan penuh, file sampah dan data yang menumpuk ataupun bootloop ringan.

Oleh sebab itu, Google dan Xiaomi menyematkan fitur yang biasa kita kenal dengan istilah Reset atau Kembali Ke Pengaturan Pabrik.

Melakukan reset adalah cara termudah agar Redmi 6A seperti baru kembali seperti saat pertama kali menggunakanya. Kamu tidak akan menemukan lagi adanya lag, aplikasi yang mengandung virus serta berbagai masalah lainya.

Cara Factory Reset Redmi 6A via Setelan

Reset Redmi 6A via Setelan
Melakukan reset melalui Setelan Pabrik atau biasa dikenal dengan Factory Reset, umumnya dilakukan untuk mengatasi masalah seperti membersihkan file sampah, data-data, cache yang menumpuk di penyimpanan internal.

Semakin banyak data, sampah, cache akan membuat smartphone kamu menurun performanya. Agar kinerja smartphone ini bisa kembali seperti semula, sebaiknya lakukan reset.

  1. Buka Setelan Redmi 6A
  2. Selanjutnya pilih Tentang Telepon
  3. Kemudian pilih Cadangkan dan Setel ulang
  4. Langkah berikutnya pilih Reset ke setelan pabrik
  5. Tap Reset Ponsel yang ada dibawah.
Perlu saya garis bawahi, reset tidak akan menghapus Akun Google dan Akun Mi, jadi pastikan kamu masih ingat akun yang terdaftar di Redmi 6A kamu. Atau sebelum di reset lebih baik kamu hapus dulu Akun Google dan Akun Mi nya

Cara Hard Reset Redmi 6A via Recovery

Cara Reset Redmi 6A Lewat Mi Recovery
Selain reset melalui setelan, ada juga cara reset via Recovery yang dikenal dengan istilah Hard Reset. Metode ini lebih baik dari metode diatas.

Kamu bisa menghapus kunci pola/password lockscreen, mengatasi bootloop atau stuck di logo Mi dan lain sebagainya. Intinya Redmi 6A kamu akan lebih bersih lagi.

  1. Pertama tekan tombol VOLUME ATAS dan POWER bersama-sama kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi
  2. Setelah masuk ke Mi Recovery pilih Wipe Data dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
  3. Selanjutnya pilih menu Wipe All Data.
  4. Setelah muncul Confirm Wipe of all data?, pilih Confirm.
  5. Kalau sudah muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu kemudian Reboot dan pilih Reboot System.

Tunggu sampai proses reset sampai selesai, kalau telah selesai otomatis Redmi 6A kamu akan restart, proses restart ini akan sedikit lama dari biasanya.

Dengan mengikuti cara reset Redmi 6A ini, semua data-data, file sampah, cache, aplikasi dan game, kontak, SMS dan lainnya akan terhapus. Oleh sebab itu sangat saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dulu.

Dari kedua cara reset Redmi 6A yang telah disebutkan barusan, kamu bisa pilih salah satu cara yang kamu anggap paling gampang. Semoga berhasil mereset HP Redmi 6A kamu!

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *