8 Hal Yang Harus DiHindari Agar HP Xiaomi Tidak Cepat Rusak

Tips agar Xiaomi kalian tetap awet – Di era digital ini kita akan selalu bersentuhan dengan teknologi, tak terkecuali dengan Smartphone. Jika dahulu smartphone digunakan hanya untuk SMS atau sekadar menelpon saja, sekarang ini sudah digunakan untuk berbagai aktifitas seperti sosial media untuk menunjukan eksistensi kita, streaming untuk sarana hiburan kita dan bermain game untuk menyalurkan hobby kita.

Dengan penggunaan dengan intensitas yang cukup sering, Xiaomi kamu akan cepat rusak jika tidak adanya perawatan atau pemakaian yang hati-hati. Saya sendiri telah menggunakan salah satu smartphone Xiaomi lebih dari 3 tahun dan sampai saat ini tidak memiliki masalah atau kerusakan padahal saya menggunakan lebih ekstrim lagi dengan seringnya memodifikasi smartphone Xiaomi dengan berbagai custom rom, melakukan porting ROM dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang saya hidarkan saat menggunakan smartphone sehingga menjadi lebih awet dan ini juga berlaku di smartphone yang lain. Ada beberapa kebiasaan yang dianggap sepele tetapi bisa menyebabkan Xiaomi kalian cepat rusak seperti:

Jangan Menghubungkan dengan Speaker Aktif

Ini hal yang paling sering terjadi bila mencolokkan hp ke speaker aktif. Tanda-tandanya, hp menjadi bisu, alias speaker tidak berfungsi baik loudspeaker ataupun speaker telepon. Kalau memang ingin menggunakan Speaker Aktif kamu harus patikan bahwa memang speaker aktif tersebut support dengan hp.

Jangan Gunakan di Ruangan yang Panas

Jangan biarkan terkena sinar matahari secara langsung dan terus-menerus, karena hal ini dapat terjadi peningkatan suhu pada mesin yang dapat merusak Xiaomi kalian. Semakin panas suhu ruangan, maka suhu di dalam hp juga menjadi panas.

Jangan Menggunakan Saat Charging

Perlu kamu ketahui apabila saat menggunakan HP yang sedang sedang dalam proses charging (isi ulang baterai) dapat membuat baterai Xiaomi kamu menjadi cepat mengembung, ngedrop dan membuat kerusakan pada hp. Hal ini dikarenakan saat proses pengisian daya baterai dapat menimbulkan energi panas dan intensitas panas pada baterai menjadi meningkat.

Jangan Lupa Untuk Menutup Aplikasi yang Tak Terpakai

Aplikasi yang sudah tidak digunakan biasanya tidak tertutup secara otomatis, aplikasi tersebut tetap berjalan di background (latar belakang layar) Xiaomi kamu. Semakin banyak aplikasi yang belum ditutup, berarti semakin banyak daya baterai yang terbuang sia-sia. Tak hanya itu saja, nyatanya aplikasi yang telah kamu gunakan sebelumnya ini pun bisa membuat daya tahan baterai kamu semakin lebih boros yang mampu menyebabkan Xiaomi kamu cepat rusak. Sebaiknya, minimal seminggu sekali Xiaomi kalian di Restart (matikan dan hidupkan lagi).

Jangan Salah Memilih Casing

Casing dibuat untuk meminimalisir kerusakan jika Xiaomi kamu jatuh ke tanah, selain itu juga berfungsi sebagai aksesoris yang dapat mempercantik tampilannya. Tapi sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih casing, karena ternyata bisa memberikan pengaruh buruk. Penggunaan casing yang salah akan mengurangi daya baterai dan memungkinkan Xiaomi kamu cepat rusak. Sebaiknya untuk melepas casing saat di-charge.

Jangan Lupa Matikan Fitur WiFi dan Bluetooth

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan hp Xiaomi cepat rusak adalah kelupaan menonaktifkan WiFi atau Bluetooth. Karena saat kamu tidak berada pada jangkauan koneksi, maka sistem akan terus mencari koneksi sehingga baterai akan bekerja keras untuk menyuplai daya yang dibutuhkan. Hal tersebut membuat performa Xiaomi menjadi melemah dan berpotensi kerusakan lebih parah. Tak jarang juga banyaknya WiFi yang akan terkoneksi ke Xiaomi kamu secara tidak sengaja yang bisa jadi menyebarkan virus untuk hp kamu.

Memakai Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Menggunakan beberapa aplikasi seperti chatting, social media atau game dalam waktu bersamaan dapat membuat daya baterai hp menjadi cepat terkuras habis.

Itulah beberapa hal yang sering disepelekan dan sebenarnya dapat merusak Xiaomi kamu jika dilakukan secara terus-menerus. Selalu bijaklah dalam menggunakan hp Xiaomi mu agar tetap awet sampai bertahun-tahun. Jangan lupa untuk membersihkan hp yang mudah untuk kotor karena terkena debu dan kotoran kecil berukuran nano yang bisa saja masuk dan mengotori bagian dalam hp hingga mengganggu kinerjanya.

Apalagi jika diingat, Xiaomi memiliki tampilan visual lebih lebar dan lebih memuaskan dengan bezel lebih tipis dan desainnya yang futuristik yang perlu kamu berikan perlindungan lebih dengan memakai antigores dan juga casing untuk menghindari terjadinya goresan.

error: Content is protected !!