TIPS n TRIK

Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Mi 6X / Mi A2

Xiaomi Mi 6X dan Mi A2 bisa dibilang saudara kembar yang miliki tampilan yang berbeda, Mi 6X menggunakan antarmuka MIUI sedangkan Mi A2 memakai Android One. Berhubung Mi A2 ini langsung dihandle oleh Google dalam hal update software, untuk cara Unlock Bootloader juga mengikuti seperti kebanyakan smarttphone Google seperti Nexus maupun Pixel.

Kedua smartphone ini dibekali oleh Xiaomi dengan spesifikasi yang sama, seperti layar 5,99 inci dengan resolusi 2160×1080 dan kepadatan piksel 400ppi dan didukung oleh prosessor octa-core Snapdragon 660 dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Untuk urusan grafis Xiaomi mempercayakan Adreno 512 GPU.

Mi 6X atau Mi A2 ini menggunakan dua kamera di bagian belakang yang Kamera pertama memiliki resolusi 12 MP dengan sensor Sony (IMX486) dan memiliki aperture f/1.75, sementara kamera kedua beresolusi 20 MP dengan sensor Sony IMX376 serta memiliki aperture f/1.75. Untuk kamera depan memiliki sensor Sony IMX376 20 MP dengan aperture f/1.75 dan fixed focal length, dan soft-LED flash.

Selain itu kedua smartphone ini memiliki kesamaan dalam hal kapasitas baterai sebesar 3010mAh dan didukung QuickCharge 3.0 yang memungkinkan untuk pengisian cepat. Pilihan konektivitas pada kedua ponsel Xiaomi ini adalah 4G LTE, Wi-Fi dual-band a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Miracast, Bluetooth 5.0, pemancar IR, port USB Tipe-C.

Perbedaan Mi 6X dan A2 ini terletak pada antarmuka, dimana pada Mi 6X menggunakan Android yang sudah dicustom oleh Xiaomi yang biasa kita kenal dengan nama MIUI sedangkan Mi A2 ini menggunakan stock Android yang berbasis Android One yang mana dalam urusan update sepenuhnya ditangani oleh Google.

Untuk urusan Unlock Bootloader, Mi A2 mengikuti seperti hp besutan Google yang lain seperti Pixel, dimana lebih simple. Sedangkan Mi 6X ini, untuk UBL mengikuti prosedur dari Xiaomi. Untuk kamu yang belum tahu cara Unlock Bootloader di Xiaomi Mi 6X dan A2 ini, bisa ikuti caranya dibawah ini.

Cara Unlock Bootloader Mi 6X

UBL atau Unlock Bootloader di Mi 6X codename Wayne ini mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Xiaomi, yakni dengan menggunakan Tool UBL buatan mereka. Prosesnya sedikit ribet dan terkadang kita harus bersabar untuk menunggu dalam beberapa hari agar bisa sukses Unlock Bootloader. Kalau kamu punya Mi 6X ini dan ingin membuka akses bootloader harus menggunakan PC.

  1. Langkah pertama kamu harus login dengan Akun Mi terlebih dahulu, bagi yang belum punya silahkan buat akun terlebih dahulu. Dengan memilih tombol buat akun.
    membuat akun mi
  2. Setelah berhasil login dengan Akun Mi, langkah selanjutnya kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging yang ada pada Mi 6X. Untuk caranya lihat disini Tutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock.
  3. Setelah itu kamu buka menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya pilih Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses terbinding akan muncul tulisan “Berhasil ditambahkan. Akun mi tertaut dengan perangkat ini sekarang“. Seperti pada screenshot di bawah ini.
    suskes binding mi akun
  4. Kamu sudah siap untuk proses UBL. Sekarang download File UBL Xiaomi Mi 6X ini. Setelah terdownload extract file itu di PC atau Laptop Windows kamu dengan software seperti Winrar atau Winzip.
  5. Kemudian itu kamu Double klik file MiFlashUnlock.exe. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Akun Mi yang telah dibuat tadi.
  6. Sekarang matikan Mi 6X kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
    fastboot mode Xiaomi Mi 6X
  7. Hubungkan Xiaomi kamu ke PC/Laptop, kalau HP kamu terbaca oleh PC, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
    Xiaomi Mi 6X terdetek
  8. Proses UBL tidaklah lama, kalau berhasil akan di tandai dengan tulisan “Unlocked Successfully“.
    unlock sukses di Xiaomi Mi 6Xa

Tapi terkadang hanya muncul notifikasi seperti “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti kamu hanya bisa melakukan UBL setelah 3 hari, kalau di suruh tunggu 360 jam bearti 15 hari untuk bisa melakukan UBL lagi.

Saat menunggu untuk bisa UBL lagi, jangan mengganti Akun Mi nya atau jangan coba-coba untuk melakukan bypass UBL yang sangat beresiko terjadinya error pada Wayne kamu.

Cara Unlock Bootloader Di Xiaomi Mi A2

Proses UBL di Mi A2 ini berbeda caranya, lebih simple dan langsung berhasil membuka kunci bootloader. Tapi tetap kamu harus menggunakan PC dan tidak kalah penting akan menghapus semua data. Ponsel kamu akan ke Reset, Kembali seperti pada awal kamu membelinya.

  1. Download file ADB Fastboot, setelah itu extract filenya di PC atau Laptop Windows kamu.
  2. Pertama aktifkan dulu USB Debugging Xiaomi Mi A1 kamu dengan cara buka Setting klik 7x pada tulisan Build Number / Nomor Bentukan sampai muncul tulisan “Anda sekarang adalah seorang pengembang“.
  3. Sekarang menu Developer Option / Opsi Pengembang telah terbuka, kamu sudah bisa masuk, kemudian aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
    Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Mi 6X / Mi A2 1
  4. Masuk ke Fastboot Mode, caranya matikan ponsel kamu kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power tahan beberapa saat kemudian lepaskan. Kalau berhasil masuk ke Fastboot Mode akan nampak seperti gambar di bawah ini.
    Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Mi 6X / Mi A2 2
  5. Buka folder ADB Fastboot, selanjutnya double klik file yang bernama start.cmd, Sekarang Command Prompt telah terbuka.
    Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Mi 6X / Mi A2 3
  6. Kemudian kamu ketik perintah seperti di bawah ini dan ENTER
    fastboot flashing unlock
  7. Akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini. Kamu gunakan tombol Volume Bawah untuk mengarahkan ke tulisan Unlock The Bootloader dan pencet tombol Power.
    Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Mi 6X / Mi A2 4
  8. Otomatis Mi A2 akan reboot dan melakukan reset data (erasing), kalau sudah selesai. Kalau sudah selesai masuk kembali ke Fastboot Mode dan ketikan perintah seperti ini:
    fastboot flashing unlock_critical
  9. Dan HP kamu akan melakukan reset lagi. Kalau tahap ini sudah selesai, sekarang kamu sudah berhasil Unlock Bootloader Xiaomi A2.

Dengan berhasilnya kamu UBL itu bearti kamu sudah bisa memasang custom recovery TWRP dan membuka akses root di smartphone ini.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!