Tips

3 Cara Cek IMEI dan Garansi Vivo Semua Tipe

Kali ini saya akan memberikan 3 cara untuk mengetahui keaslian dari smartphone Vivo yang kamu miliki dengan melakukan cek IMEI. Dengan adanya peraturan pemerintah terbaru mengenai masalah IMEI membuat kita sedikit khawatir dengan status HP Vivo yang kita gunakan.

Vivo termasuk lima besar dalam peredaran ponsel di indonesia, kesuksesan Vivo ini membuat para distributor tidak resmi berlomba-lomba menjual smartphone ini ke tanah air melalui Black Market (BM). Barang BM yang dijual biasanya lebih murah di bandingkan dengan yang resmi, makanya banyak dari kita lebih memilih ponsel BM.

Maraknya peredaran ponsel BM di indonesia membuat pemerintah mengeluarkan regulasi tentang IMEI di tahun ini. Kementerian Perindustian akan menerapkan sistem identifikasi produk ilegal yang dinamankan Device Identification, Registration dan Blocking System (DIRBS). Sistem ini akan memvalidasi IMEI yang ada di perangkat seluler kita.

Semua perangkat seluler baik itu GSM dan CDMA memiliki nomor identifikasi yang dinamakan IMEI (GSM) dan MEID (CDMA). Bisa di bilang IMEI/MEID ini sebagai KTP. Nantinya kalau IMEI kalian tidak terdaftar oleh pemerintah, ponsel/tablet kamu akan tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi dan menggunakan internet (kecuali menggunakan Wifi).

Pastinya dengan adanya regulasi IMEI ini bukan hanya distributor saja yang khawatir, kita sebagai pemilik ponsel pastinya akan galau dengan status HP Vivo kita.

Tiga Metode Akurat Cek Nomor IMEI HP Vivo

Sebaiknya saat ini cek terlebih dahulu status IMEI di Hp Vivo yang kamu miliki. Untuk caranya juga mudah tidak membutuhkan waktu yang lama hanya sekitar 4 menit saja. Disini saya akan memberikan 3 cara untuk mengetahui HP Vivo kita resmi atau ilegal dengan mengecek nomor IMEI Hp Vivo.

Sebelum memulai kamu perlu menyiapkan sebuah HP Vivo beserta Box HP tersebut (optional) dan Pulpen untuk mencatat nomor-nomor IMEI yang nantinya nampak.

Cek IMEI Vivo Lewat Kode Dial

Cek IMEI Vivo Dengan Kode Dial
Cara paling mudah mengetahui nomor IMEI adalah dengan kode dial. Berikut ini caranya cek imei menggunakan kode.

  • Buka aplikasi Telepon.
  • Lakukan dial ke *#06#.
  • Nanti akan muncul nomor IMEI1 dan IMEI2.

Cek IMEI Vivo Di Menu Pengaturan

Cek IMEI Vivo Di Menu Setelan
Alternatif lain adalah dengan melihat melalui menu pengaturan, seperti ini caranya cek IMEI Vivo di menu pengaturan.

  • Buka menu Setelan.
  • Tap opsi Setelan lainnya.
  • Pilih opsi Tentang Ponsel.
  • Disitu ada beberapa informasi seperti Model HP, versi Android dan IMEI.

Cek IMEI Di Dus Vivo

Cek IMEI Di Dus Vivo
Lihat di Box atau Dus HP Vivo kamu, cek dibagian belakang ada info tentang IMEI Hp Vivo kamu.

  • Ambil kardus ponsel Vivo.
  • Lihat bagian belakang kardus.
  • Pada bagian bawah akan tertera IMEI Vivo.

Cek IMEI Vivo Terdaftar atau Tidak

cek imei di kemenperin
Semua IMEI perangkat yang di jual secara resmi sudah tercatat di Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Jika tidak terdaftar otomatis ponsel milikmu tidak dapat menggunakan kartu dari operator seluler indonesia.

Berikut ini cara cek IMEI terdaftar atau tidak di Kemenperin.

  • Buka https://imei.kemenperin.go.id.
  • Silahkan masukan nomor IMEI Hp Vivo kamu.
  • Tap pada tombol di bawahnya.
  • Kalau terlihat tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” itu berarti telah diakui oleh pemerintah.

Sekarang kamu sudah mengetahui info nomor IMEI Hp Vivo kamu, silahkan di catat kemudian cek apakah IMEI yang tampil semua sama atau tidak. Kalau semuanya sama kemungkinan besar Vivo kamu asli.

Cek Garansi Vivo Dengan IMEI

Cara Cek Garansi Vivo
Selain itu, dengan nomor IMEI tersebut, kita dapat mengetahui masa berlaku garansi ponsel Vivo milikmu apakah masih berlaku atau sudah berakhir.

  1. Buka situs vivo pada halaman https://www.vivo.com/id/support/IMEI.
  2. Masukan nomor IMEI yang tadi dapatkan pada kolom “Harap Masukan Nomor IMEI kamu“.
  3. Masukan kode verifikasi setelah itu klik tombol Kirim.
  4. Nanti akan terlihat beberapa informasi seperti Model Produk, Warna Produk dan Masa Garansi.
  5. Kalau infomasi di situs Vivo, sesuai dengan smartphone kamu, bisa di pastikan HP Vivo kamu resmi.

Penutup

HP yang dibeli sebelum tanggal 18 April 2020 tetap masih bisa digunakan. Kalau beli setelah tanggal 18 April 2020 pasti akan langsung ke blokir. Untuk mengamankan IMEI sebaiknya jangan pernah share screenshot yang terlihat nomor IMEI Hp Vivo kamu.

Hal lainnya perlu dilakukan adalah dengan Backup Modem via TWRP. Untuk yang belum pasang TWRP bisa menggunakan Tool PC seperti QFIL atau MTK Droid Tool. Dengan adanya backupan IMEI ini, apabila suatu saat HP Vivo kamu terjadi kehilangan IMEI seperti invalid, Null bisa dengan mudah melakukan restore kembali.

Apabila saat ini IMEI kamu hilang hanya tertulis invalid atau Null, kamu bisa melakukan restore backupan QCN via QFIL atau NVRAM via MTK Droid Tool/SP Flash Tool dan sebaiknya gunakan file backupan sendiri jangan yang di share orang lain (terkecuali terpaksa) nanti IMEI nya tidak sesuai lagi.

Atau bisa coba lakukan write IMEI seperti yang pernah saya post tentang solusi IMEI hilang di HP Qualcomm. Untuk pengguna Mediatek bisa memakai aplikasi Mobile Uncle agar IMEI yang invalid bisa di fix.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *