Magisk Root Tool Alternatif Terbaik Pengganti SuperSU

Tutorial lengkap cara root Magisk di Android Lollipop, Marshmallow Dan Nougat. Magisk Root ini dikembangkan oleh salah seorang Recognized Developer XDA yang bernama Topjohnwu. Magisk ini alternatif terbaik mengantikan SuperSU.

Magisk Root menjadi populer karena menggunakan metode Systemless, tidak seperti root tool lainya yang menanam ataupun mengganti file system, sedangkan Magisk, partisi system tidak tersentuh sama sekali, tool ini hanya menginjeksi file init yang terdapat di partisi boot.

Selain memiliki fitur Hide root, aplikasi ini juga memiliki module seperti punya Xposed Framework yang bisa kamu gunakan seperti mod audio ViperAudio atau Dolby Atmos, Greenify dan lain-lain.

Persyaratan Root via Magisk

Sebelum mencobanya sebaiknya kamu baca dulu persyaratan di bawah ini agar sukses root dengan Magisk.

  • Sudah terpasang custom recovery seperti TWRP
  • Root Tool ini hanya bisa bekerja dengan baik di Android Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo dan Pie.
  • Lakukan Full Unroot terlebih dahulu apabila kamu sebelumnya sudah me-root Androidnya

Oh ya di beberapa rom yang saya porting tidak menyertakan aplikasi SuperSU. Jadi apabila ingin di full unroot silahkan install aplikasi SuperSU terlebih dahulu di play store dan lakukan full unroot.

Cara Root Magisk Android Via TWRP

Kalau HP kamu sudah terpasang TWRP, sudah bisa mengikuti proses root dengan magisk dibawah ini.

Silahkan download terlebih dahulu Magisk terbaru beserta Magisk Uninstaller.

  1. Pertama masuk ke TWRP, Pilih Install dan cari file Magisk yang sudah kalian unduh tadi
  2. Selanjutnya Geser Swipe To Flash.
    Cara Install Magisk Root
  3. Setelah prosesnya pemasangan magisk telah selesai pilih Reboot to System
  4. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    Tombol Do Not Install SuperSU
  5. Apabila mengalami Bootloop, masuk lagi ke TWRP, kemudian pilih WipeAdvanced Wipe – centang Cache serta Dalvik Cache, lanjut dengan Swipe to Wipe.

Sampai pada tahap ini root dengan magisk telah sukses, untuk membuktikanya kamu bisa menggunakan aplikasi Root Checker atau kamu bisa menggunakan aplikasi yang butuh akses root seperti Kernel Auditor, Titanium Backup dan lainya.

Kesimpulan

Magisk Hide Root adalah salah satu fiturnya yang tidak terdapat pada SuperSU seperti menyembunyikan status root sehingga aplikasi yang tidak mengijinkan untuk di install di perangkat yang sudah di root bisa terinstall dengan baik.

Banyak sekarang aplikasi-aplikasi yang menerapkan SafetyNet, misalkan aplikasi perbankan, beberapa game seperti Kritika, PokemonGO, Netflix dan lain-lain.

Aplikasi-aplikasi tersebut kalau di install di Android yang telah di root pasti tidak akan terinstall atau kalau memasang dari play store ada ada notifikasi seperti “this application not compatible with your device“.

Itulah Cara ROOT dengan Magisk dan TWRP, Kalau kamu punya cara yang lebih gampang, praktis, dan simpel, silahkan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

Tags

26 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *