TIPS n TRIK

Cara Factory Reset dan Hard Reset Oppo F1 / Plus / F1s

Cara Melakukan Factory dan Hard Reset Oppo F1, F1 Selfie Expert, F1 Plus dan F1s. Untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone kita, cara termudah adalah dengan melakukan reset terlebih dahulu. Nah, untuk kamu yang belum mengetahui cara reset Oppo F1 bisa mengikuti panduanya dibawah ini.

Oppo menghadirkan F1 antara tahun 2016 sampai 2017 dengan beberapa varian seperti Oppo F1 Plus, Oppo F1 Selfie Expert dan Oppo F1s. Dan pastinya saat ini sudah tergolong smartphone lawas. Seiring waktu tentunya ada saja masalah yang mungkin menimpa HP kesayangan kamu ini.

Masalah umum yang menimpa pada HP berumur ini, biasanya sering hang, terasa lag, aplikasi sering tertutup sendiri, penyimpanan penuh, bahkan ada juga sampai mengalami bootloop, dimana saat booting hanya mentok di logo saja.

Salah satu masalah lain yang kerap terjadi adalah sering lupa pola atau password. Kalau yang ini bukan dari HP nya tapi dari kitanya yang sudah berumur.

Untuk mengatasi problem diatas, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mereset Oppo F1 kamu terlebih dahulu. Reset pada Oppo F1 ada 2 cara yang bisa kamu lakukan, pertama melalui menu pengaturan atau biasa kita kenal dengan sebutan factory reset dan yang kedua lewat menu recovery atau hard reset.

Factory reset dapat kamu lakukan apabila HP Oppo F1 hanya mengalami hang, lag, memory penuh dan aplikasi yang force close. Sedangkan hard reset, lebih mendalam lagi, misalkan menghapus pola / sandi yang lupa dan HP yang mengalami stuck atau terhenti di logo Oppo.

Cara reset Oppo F1 ini, bisa kalian terapkan disemua varian seperti Oppo F1 Plus, Oppo F1 Selfie Expert dan Oppo F1s tidak ada yang berbeda. Cuma kalau saat ini F1 kamu masih menggunakan ColorOS 2.1 tampilanya sedikit berbeda, tapi menu reset sama saja.

Sebelum mencoba mereset Oppo F1 ini, ada hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu:

  • Reset akan menghapus semua aplikasi dan game yang telah kamu install dan juga kontak beserta SMS.
  • Pastikan, tidak lupa akan akun google yang terdaftar di HP kamu. Lebih baik hapus aja terlebih dahulu akunnya.
  • Usahakan baterai masih cukup tersisa banyak, minimal ada 50%.

Cara Factory Reset OPPO F1 / F1 Plus / F1s Lewat Setelan

  1. Pertama buka Setelan yang ada di Oppo F1 kamu selanjutnya pada bagian tengah pilih opsi Setelan Tambahan. Disitu kamu akan menemukan opsi Buat cadangan dan reset.
    setelan tambahan oppo f1
  2. Selanjutnya, pada menu reset sebaiknya pilih Hapus semua data aplikasi dan aplikasi yang dapat dibongkar. Nanti akan tampil permintaan konfirmasi. Pilih OK.
    Cara Factory Reset dan Hard Reset Oppo F1 / Plus / F1s 1
  3. Setelah itu Oppo F1 kamu akan restart, dan silahkan menunggu prosesnya yang memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit.
  4. Kalau sudah masuk ke menu Setup, bearti reset pada Oppo F1 ini telah selesasi.

Apabila kamu memang tidak bisa masuk ke menu akibat lupa pola dan password atau mengalami bootloop. Kamu dapat melakukan hard reset melalui menu ColorOS Recovery.

Untuk step lengkapnya mengenai hard reset via ColorOS Recovery bisa mengikuti caranya disini.

Cara Hard Reset OPPO F1 / F1 Plus / F1s via ColorOS Recovery

  1. Matikan OPPO F1 kamu terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power tahan kedua tombol beberapa detik kemudian lepaskan setelah muncul logo Oppo. Kalau benar nanti akan masuk ke menu ColorOS Recovery. Akan nampak seperti gambar di bawah ini.
    oppo f1 coloros recovery
  2. Disitu ada pilihan 3 bahasa, jadi kamu pilih English, Selanjutnya ada beberapa pilihan seperti Install From SD, Wipe Data And Cache, Reboot dan Power OFF. Ingat kamu harus pilih Wipe Data And Cache.
    menu pilihan coloros
  3. Langkah selanjutnya akan ada pilihan Wipe Data And Cache, Wipe Data dan Wipe Cache. Di situ kamu pilih Wipe Data And Cache yang paling atas.
    wipe data and cache oppo f1
  4. Sekarang akan muncul notifikasi “Your Data and Cache will be wiped, this operation can not be restored“. Yang artinya semua data dan cache akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi. Lalu kamu konfirm dengan memilih Yes.
    konfirm wipe data Oppo f1
  5. Sekarang kamu tunggu proses Wipe sampai selesai, nanti akan ditandai dengan notifikasi Wipe successfully kemudian pilih OK.
    wipe data sukses
  6. Sekarang Hard Reset di OPPO F1 telah selesai kamu tinggal pilih Reboot kemudian OK.

Proses reboot ini akan lebih lama dari biasanya, jadi harap sabar menunggu ya. Kalau sampai 30 menit tidak juga bisa masuk ke Setup Wizard, coba lakukan lagi proses diatas. Seandainya masih tidak bisa juga, bearti kerusakan pada F1 kamu tergolong cukup parah, coba lakukan flashing ulang firmwarenya melalui PC.

Demikianlah tahapan mereset Oppo F1 baik itu di varian Oppo F1 Plus atau Oppo F1s. Semoga dengan adanya tutorial ini, bisa mengatasi masalah atau problem yang menimpa HP kamu.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *