Cara Factory dan Hard Reset Lenovo Vibe C

Cara Reset Lenovo Vibe C – Cara paling mudah agar Android kita kembali optimal adalah dengan melakukan reset. Biasanya reset digunakan untuk menghilangkan berbagai error seperti aplikasi tidak terinstall, sering berhenti sendiri, lag atau patah-patah, lupa kunci pola/sandi/PIN ataupun mengatasi bootloop berhenti di logo Lenovo.

Oleh sebab itu, Lenovo selaku produsen Hp Android menyediakan fitur reset atau kembali ke pengaturan pabrik agar kita sebagai pengguna dapat dengan mudah mengatasi sendiri permasalahan yang dialami pengguna Vibe C ini. Dengan mereset, Vibe C kamu akan kembali optimal seperti saat pertama kali menggunakannya (seperti baru lagi).

Melakukan reset di Hp Lenovo ada 2 cara yang biasanya digunakan, yakni melalui menu Setelan Pabrik dan lewat Recovery. Untuk kamu yang hanya mengalami penyimpanan penuh, aplikasi force close, sering hang bisa menggunakan metode reset melalui setelan pabrik (Factory Reset) sedangkan bagi yang mengalami bootloop atau lupa pola/PIN/sandi harus menggunakan metode reset via Recovery atau biasa dikenal dengan sebutan Hard Reset.

Untuk kalian yang belum tahu mengenai cara mereset Vibe C ini, silahkan mengikuti panduannya dibawah ini. Tapi sebelum mencobanya, pastikan kamu masih ingat dengan Akun Google baik itu email maupun passwordnya!.

Cara Factory Reset Lenovo Vibe C

  1. Buka menu Setelan yang ada di Vibe C kamu. Selanjutnya tap Buat Cadangan dan Atur Ulang. Di situ kamu akan menemukan opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik yang letaknya di paling bawah.
    Reset Setelan Pabrik Vibe C
  2. Berikutnya, klik pilih menu Setel Ulang Telepon kemudian pilih Hapus Semua otomatis Vibe C kamu akan restart, dan melakukan reset data.
    Reset Ulang Telepon Vibe C
  3. Proses restart ini akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya. Kalau berhasil akan masuk ke menu Setup Wizard. Sekarang Vibe C kamu sudah seperti baru lagi, semua data-data yang ada di Lenovo kamu sudah terhapus.

Apabila problem di Vibe C kamu dikarenkan lupa pola atau password kunci layar ataupun mengalami stuck/berhenti di logo Lenovo (Bootloop), kamu bisa mereset melalui menu recovery. Berhubung, recovery ini letaknya tersembunyi, jadi perlu trik sendiri agar bisa diakses. Caranya tidak ada bedanya dengan hard reset di Lenovo A6000.

Cara Hard Reset Lenovo Vibe C via Recovery

  1. Untuk bisa masuk ke recovery, caranya matikan Vibe C kamu terlebih dahulu setelah itu tekan tombol Volume Atas Dan Power bersama-sama, tahan sampai masuk ke recovery dan lepaskan.
  2. Setelah berada di recovery, kamu pilih menu Wipe data/Factory Reset. Gunakan tombol Volume Bawah untuk mengulir ke bawah dan tombol Power untuk Enter.
    Recovery Vibe C
  3. Kemudian pilih Yes – Delete All User Data. Opsi ini akan menghapus semua data yang pernah terinstall di Lenovo kamu.
    Delete All User Data Vibe c
  4. Setelah Data Wipe Complete, lakukan juga hal yang sama pada menu Wipe Cache Partition
    Wipe Cache Vibe C
  5. Kalau sudah selesai Wipe Cache Partition, pilih Reboot System Now. Proses restart Vibe C ini memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit, kalau berhasil masuk ke menu Setup, kamu bisa setting kembali seperti semula.

Demikianlah 2 metode yang umum digunakan oleh para pengguna Android untuk melakukan reset. Semoga dengan adanya panduan ini bisa memperbaiki Lenovo Vibe C kamu dari berbagai masalah yang menimpa smartphone kesayangan ini.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *