Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi S2 (YSL)

Cara Unlock Bootloader Redmi S2 (YSL)
Apabila saat ini kamu memiliki smartphone Xiaomi Redmi S2 ini dan ingin memasang TWRP untuk membuka akses root dari smartphone ini, terlebih dahulu kamu harus unlock bootloadernya. Untuk cara membuka kunci bootloader dari Xiaomi Redmi S2 (YSL) saat ini sudah tanpa SMS konfirmasi persetujuan dari Xiaomi lagi.

Bagi sebagian pengguna Redmi S2 yang senang melakukan modifikasi, seperti memasang custom ROM, melakukan root dan lainya, tentu membuka kunci bootloader menjadi hal yang wajib dilakukan.

Keuntungan memiliki smartphone yang telah unlocked bootloader, kamu bisa dengan leluasa memasang custom recovery dan mndapatkan akses ROOT, dengan terpasangnya custom recovery seperti TWRP kamu bisa menginstall berbagai custom ROM seperti LineageOS atau ViperOS serta berbagai file modifikasi lainya seperti untuk meningkatkan kinerja smartphone ini, menambah daya tahan batere dengan berbagai tweak ataupun custom kernel, merubah tampilanya serta menambah fitur lainya.

Selain itu dengan status unlocked bootloader, kamu akan mudah memperbaiki sendiri smartphonenya, misalkan melakukan flashing ulang dengan MiFlash tool. Karena kalau belum di Unlock kamu tidak bisa melakukan flashing ulang dengan flashtool terkecuali menggunakan metode test point yang tentunya akan menghilangkan garansinya.

UBL atau unlock bootloader di Xiaomi tidaklah menghilangkan garansi yang berlaku terkecuali kalau memang segel garansinya rusak, ataupun kerusakan karena kesalahan sendiri dalam memodifikasi perangkatnya.

Proses UBL Redmi S2 ini sebenarnya sama saja dengan perangkat Android Xiaomi yang lain, kalau kamu memang masih baru menggunakan Xiaomi bisa mengikuti tutorial ini.

Cara UBL Redmi S2

Langkah pertama kamu harus login dengan Akun Mi terlebih dahulu, bagi yang belum punya silahkan buat akun terlebih dahulu. Dengan memilih tombol buat akun.
membuat akun mi

Setelah berhasil login dengan Akun Mi, langkah selanjutnya kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging yang ada pada Redmi S2. Untuk caranya lihat disini Tutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock.

Setelah itu kamu buka menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya pilih Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses terbinding akan muncul tulisan “Berhasil ditambahkan. Akun mi tertaut dengan perangkat ini sekarang“. Seperti pada screenshot dibawah ini.
suskes binding mi akun

Kamu sudah siap untuk proses UBL. Sekarang download Mi Unlock Tool ini. Setelah terdownload extract file itu di PC atau Laptop Windows kamu dengan software seperti Winrar atau Winzip.

Setelah itu kamu klik file MiFlashUnlock.exe. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan di minta masukan Akun Mi yang telah di buat tadi.

Sekarang matikan smartphone kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
fastboot mode redmi s2

Hubungkan Redmi S2 kamu ke PC/Laptop, kalau HP kamu terbaca oleh PC, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
hubungkan redmi s2 ke pc

Proses UBL tidaklah lama, kalau berhasil akan di tandai dengan tulisan “Unlocked Successfully“.
UBL sukses redmi s2

Kalau failed muncul seperti ini “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 720 jam atau 30 hari untuk bisa melakukan UBL lagi.

Solusi Tidak Terdetek Oleh PC

Sebenarnya ada beberapa sebab, biasanya karena drivernya tidak otomatis terinstall, coba lakukan instalasi driver secara manual. Kamu klik file MiUsbDriver.exe yang ada di folder miflash_unlock dan pilih install, setelah terinstall lakukan Restart PC/laptopnya. Apabila masih juga belum berhasil kedetek mungkin ada masalah di kabel USB atau port usb (lubang usb) pada PC/Laptop. Solusinya coba ganti kabel USB atau pindah ke Port USB yang lain.

Bagi yang UBL di WARNET, biasanya PC WArnet di proteksi untuk menginstall sesuatu atau mereka menggunakan windows versi lite. Sebaiknya tanyakan ke admin warnet tersebut.

Sebenarnya proses UBL tidaklah sulit, cuma masalah waktu saja yang memang lama kalau di suruh menunggu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengguna Redmi S2 yang memiliki kode nama YSL ini.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *