TIPS n TRIK

Cara UBL / Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A

Cara Unlock Bootloader Di Xiaomi Redmi 5A (Riva). Hal pertama yang terpikirkan oleh saya setelah memiliki Redmi 5A ini adalah memasang TWRP dan membuka akses root, Tapi tidak seperti smartphone Xiaomi pertama saya Redmi 2 untuk melakukan ke dua hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Di Redmi 5A ini sedikit ribet karena kamu harus melakukan Unlock Bootloader atau biasa di singkat UBL terlebih dahulu baru bisa install TWRP dan flashing file root dengan SuperSU atau Magisk via TWRP.

Unlock Bootloader di masa sekarang rupanya sedikit di persulit lagi oleh pihak xiaomi selain prosesnya lama kamu juga tidak bisa flashing via Mi Tools dan recovery kalau belum UBL. Celah seperti ini biasanya di pake para opreker agar bisa menginstall TWRP tanpa perlu UBL. Bukan hanya Xiaomi aja seh yang lebih ketat tapi hampir semua vendor menerapkan kebijakan ini.

Pengguna Xiaomi termasuk beruntung karena masih dizinkan untuk melakukan Unlock Bootloader, tidak seperti vendor lain yang memang tidak memperbolehkan sama sekali. Dan lebih hebat lagi, Unlock Bootloader di Xiaomi tidak menghanguskan garansi, selama kamu mengikuti prosedur resmi Unlock Bootloader yang dibuat Xiaomi dan tidak menginstall TWRP dan custom ROM.

Update Terbaru UBL Xiaomi Oktober 2018:
Metode UBL terbaru sudah tanpa request ke pihak Xiaomi dan menunggu SMS konfirmasi lagi jadi nanti jangan heran kalo tidak menemukan form request dan akan di arahkan langsung untuk download software unlock, dan kamu sudah bisa langsung melakukan Unlock Bootloader di Redmi 5A.

Bagi yang ingin Unlock Bootloader Redmi 5A silahkan mengikuti tutorial yang ada disini. Prosedur UBL dibawah ini resmi dari Xiaomi, kamu bisa menerapkan di semua perangkat Xiaomi baik itu MIUI 8, MIUI 9, MIUI 10 ataupun MIUI 11.

Cara Unlock Bootloader Redmi 5A

  1. Hal pertama yang harus kamu download tool UBL Redmi 5A disini Official Mi Unlock Tool. Setelah itu extract file tadi di PC atau Laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip. .
  2. Sekarang pastikan kamu sudah memiliki Akun MI, kalau belum silahkan buat terlebih dahulu. Untuk cara membuat Akun MI bisa menggunakan Hp Redmi 5A kamu dengan mengakses menu SetelanAkun Mi. Kalau sebelumnya sudah mempunyai Akun Mi, silahkan login terlebih dahulu.
  3. Kalau sudah, sekarang aktifkan Opsi Pengembang / Developer Option terlebih dahulu, untuk caranya buka Setelan , kemudian pilih Tentang Ponsel yang ada di paling atas. Setelah itu klik 7x Versi MIUI nanti muncul notifikasi “Sekarang anda sudah menjadi pengembang“.
    versi miui usb debugging
  4. Kalau sudah berhasil, kamu buka Setelan Tambahan pilih Opsi Pengembang kemudian aktifkan opsi Buka Kunci OEM (OEM Unlock) dan Debugging USB yang ada di menu Opsi Pengembang.
    opsi pengembang redmi 5a
  5. Nah sekarang, coba kamu hubungkan ke PC atau Laptop, nanti di Redmi 5A kamu muncul notifikasi meminta ijin untuk terhubung ke PC. Kalau sudah muncul notifikasi RSA Key Fingerprint seperti di atas, kamu pilih OKE.
  6. Setelah itu lakukan Binding Akun. caranya buka menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang kemudian tap Tambah akun dan Perangkat. Kalau berhasil, akan terlihat notifikasi “Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang“.
    sukses binding akun mi
  7. Langkah berikutnya, kamu sudah siap untuk melakukan UBL dan pastikan PC kamu terkoneksi dengan internet. Buka folder Mi Flash Unlock yang ada di PC/Laptop. Setelah itu klik file MiFlashUnlock.exe.
    folder mi flash unlock
  8. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Mi AKUN yang telah tertaut dengan Redmi 5A kamu.
  9. Kalau sudah, matikan Redmi 5A kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode. Caranya matikan hape nya kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode dan sambungkan ke komputer atau laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  10. Apabila Redmi kamu sudah tersambung ke PC, di Mi Unlock akan terlihat status Phone Connected. Silahkan klik tombol Unlock yang ada dibawah.
  11. Tidak sampai 1 menit akan muncul keterangan “Unlocked Successfully” itu menandakan kamu telah berhasil membuka kunci bootloader Hp Xiaomi Redmi 5A.
  12. Apabila mengalami kegagalan, muncul seperti ini “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 720 jam atau 30 hari untuk bisa melakukan coba UBL lagi. Dan ini hasilnya akan berbeda di setiap pengguna, ada yang 72 jam alias 3 hari, 360 jam atau 15 hari. Ya, kalau beruntung bisa langsung berhasil.

Intinya di sini harus sabar menunggu dan mencoba, mungkin server xiaomi kewalahan menghandle permintaan UBL dari para penggunanya. Dan biasanya setelah itu akan langsung sukses.

Bagi yang sudah sukses UBL silahkan mengikuti tutorial berikutnya Cara Root dan Install TWRP Di Redmi 5A.

Dan untuk kamu yang masih ragu tentang status Unlock Bootloader Redmi 5A dapat mengikuti panduannya dibawah ini.

Cara Mengecek Status UBL Redmi 5A

Pertama masuk terlebih dahulu ke Fastboot Mode, caranya dalam keadaan mati tekan tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama, tahan sampai masuk ke Fastboot. Setelah itu hubungkan Xiaomi 5A kamu ke PC.

Buka folder Mi Unlock yang ada di PC, kamu pencet dan tahan tombol Shift yang ada dikeyboard PC kemudian klik kanan pada mouse. Selanjutnya pilih Open Window Command Here.

Setelah command prompt terbuka, kamu ketik dulu fastboot device untuk mengecek apakah Redmi 5A kamu sudah terhubung dengan PC. Kalau terdetek akan ada keterangan dibawahnya berupa kode unik HP Redmi 5A milikmu. Coba lihat pada screenshot ini.

Sekarang kamu ketik command seperti dibawah ini…

fastboot oem device-info

nantinya akan terlihat status bootloader, kalau tertulis Device Unlocked : True itu artinya berhasil melakukan UBL atau sudah terunlocked dengan sempurna. Kalau False bearti belum di UBL.

Tips UBL Xiaomi Redmi 5A

  1. Apabila kamu disuruh menunggu, Selama waktu menunggu jangan di ganti Akun Mi dulu. Nanti malah disuruh menunggu lebih lama lagi.
  2. Bagi yang gagal binding meski sudah pake VPN, coba di non-aktifkan fitur Cari Perangkat. Buka SetelanSinkronMi Cloud kemudian Restart setelah itu coba di bind lagi.
  3. Untuk yang Redmi 5A tidak terhubung ke PC sehingga tombol Unlock tidak bisa aktif, coba lakukan instalasi USB Driver secara manual. Untuk hal ini lihat caranya yang pernah saya posting beberapa waktu yang lalu tentang Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Konek Di PC.

Demikianlah tutorial mengenai cara UBL Xiaomi Redmi 5A, semoga bermanfaat dan langsung sukses Unlock Bootloader.

Tags

14 Comments

  1. Harus berlangganan vpn dlu ya gan? kok saya gak bisa klik server china, khusus vip member aj diketerangan

    1. waktu itu ga seh…bisa langsung tapi cuma dibatasi 1 hari…mungkin sekarang merasa banyak yg butuh server china makanya sekarang dah dijadiin premium…coba pake VPNTurbo

    1. pake PlexVPN ato VPN Turbo…kalau server shenzen udah ke blok sama xiaomi bisa pake shanghai atau hongkong atau server lain yg area china…

    1. binding akun udah berhasil apa belum?..kalo binding akun masih gagal “error 10008″…coba ganti aplikasi VPN yang lain..mungkin sekarang server PlexVPN udah di blacklist sama Xiaomi…kalau binding akun berhasil itu juga masih belum tentu berhasil lngsung UBL…agan mesti sering2 nyoba tiap hari…sekarang xiaomi benar2 persulit kita buat UBL…

  2. halo, saya mau nanya, saya sudah menggunakan vpn server china terus error 86023 dan saya coba langsung ubl aja malah gagal ” Current account cannot unlock this device padahal sudah lebih dari 5 hari, apa yang harus saya lakukan agar berhasil??

    1. UBL udah ga kaya dulu lagi…semakin dipersulit…mungkin sekarang xiaomi membatasi jumlah orang yg unlock perhari…makanya banyak yg belum berhasil…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *