✓ Cara Pasang TWRP dan Root Xiaomi Redmi 5A Semua OS

Disini kita akan bahas cara pasang TWRP sekaligus root Xiaomi Redmi 5A yang berbasis OS Android 7.1.2 Nougat serta 8.1 Oreo pada MIUI 9, MIUI 10 dan MIUI 11.

Setelah sukses UBL alias Unlock Bootloader Redmi 5A pastinya langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan adalah memasang TWRP dan sekaligus root Redmi 5A ini.

Dengan TWRP telah terinstall tentunya bagi para opreker akan merasa lega karena sudah berada di status aman, karena sudah bisa memulai oprekanya dan apabila mengalami bootloop bisa dengan mudah melakukan restore atau install ulang ROM nya dengan TWRP.

Apa itu Root?

ROOT adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file sistem yang ada pada Redmi 5A, intinya ROOT ini memiliki akses tanpa batas.

Jika Android telah di ROOT maka kalian akan bisa mengapus, mengubah, menambah, bahkan merusak semua yang ada pada system android.

Untuk proses rooting di Redmi 5A sampai saat ini belum ada metode root tanpa PC dan tanpa UBL yang berhasil, jalan satu-satunya adalah dengan memasang kustom recovery TWRP terlebih dahulu melalui PC dan setelah itu kamu bisa root Riva nya dengan file SuperSU atau Magisk.

Jadi untuk mengikuti prosedur cara root Redmi 5A ini kamu harus menyiapkan perangkat komputer atau laptop dengan operasi sistem Windows dan metode ini bisa bekerja dengan baik di MIUI 9 serta MIUI 10 baik itu di Android Nougat maupun Android Oreo.

Persyaratan

  • Tutorial ini hanya untuk Xiaomi Redmi 5A (RIVA) dengan OS Android 7.1.2 Nougat dan 8.1 Oreo
  • Pastikan sudah ter-unlock bootloadernya. Yang belum lihat disini Tutorial Unlock Bootloader Redmi 5A.
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging. Cek aja terlebih dahulu di SetelanSetelan TambahanOpsi Pengembang.
  • Sebaiknya remove dulu kunci/password lockscreen.

Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi 5A

Proses pertama kamu harus memasang TWRP terlebih dahulu di Hp Redmi 5A, sebab tanpa ini kita tidak bisa menginstall Root tool seperti Magisk dan SuperSU. Untuk step by step nya silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

Untuk memasang TWRP di Redmi 5A, kamu membutuhkan perangkat PC atau Laptop. Kalau sudah siap silahkan download dan pilih salah satu TWRP yang sesuai dengan OS yang kamu gunakan:

TWRP Nougat Redmi 5AKhusus MIUI 9 / 10 Android 7.1 Nougat
TWRP Oreo Redmi 5AKhusus MIUI 10 / 11 Android 8.1 Oreo
  1. Sekarang masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara matikan HP terlebih dahulu kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, kemudian hubungkan smartphone ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
    fastboot miui
  2. Extract file TWRP Redmi 5A di perangkat PC/Laptop. Di dalam folder TWRP Redmi 5A ada file bernama noverity.zip, copy file tersebut dan pastekan ke Internal atau Sdcard Redmi 5A (rekomendasi gunakan SDcard). Sekarang double klik file Flash-TWRP.bat yang ada di folder TWRP Redmi 5A.
    flash twrp redmi 5a fastboot
  3. Nanti setelah muncul tulisan “press any key to continue” kamu klik ENTER (atau tombol apa saja yang ada di keyboard)
    twrp redmi 5a riva
  4. Proses instalasi di mulai, otomatis setelah terinstall akan langsung masuk ke TWRP.
    sukses install twrp redmi 5a
  5. Setelah berada di TWRP kamu wajib install file noverity.zip ini sebab kalau tidak terpasang maka Riva kamu akan bootloop. caranya pilih Install kemudian pilih file noverity.zip setelah itu Swipe to confirm flash.
    install noverity redmi 5a
  6. Jika sudah selesai pilih Reboot System.
Kalau tidak bisa terinstall kemungkinan ada masalah pada USB Driver di PC. Untuk itu lihat panduan mengatasi Xiaomi tidak kedetek di PC.

Sekarang TWRP sudah terpasang di Redmi 5A dan bagi yang belum tahu cara masuk ke TWRP ini, caranya matikan hapenya kemudian tekan tombol VOLUME ATAS dan POWER kemudian tahan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.

Sekarang bagaimana cara root Xiaomi 5A ini dengan menggunakan TWRP?

Cara Root Xiaomi Redmi 5A via TWRP

Di bawah ini ada 2 file root untuk membuka akses root di Hp Redmi 5A ini yang bisa kamu gunakan yakni SuperSU dan Magisk.

Tapi saya lebih merekomendasikan gunakan Magisk karena ada fitur Hide Root, fitur ini di era sekarang sangat penting karena ada beberapa aplikasi seperti aplikasi perbankan, ojek online dan lain sebagainya tidak akan bisa berjalan kalau ketahuan perangkat Android kamu sudah di root.

Nah dengan fitur Hide Root yang ada di Magisk, kamu bisa install aplikasi-aplikasi tersebut. Selain itu SuperSU tidak dapat digunakan di Redmi 5A yang sudah terupdate ke Andorid 8.1 Oreo.

Bahan Root

Magisk RootDownload
SuperSUDownload
  1. Masuk ke Custom Recovery TWRP.
  2. Pilih menu install.
  3. Pilih file root.
  4. Setelah itu Swipe to flash.
  5. Kalau sudah selesai silahkan di Reboot.

Cara Root Redmi 5A dengan SuperSU dan Magisk

Setelah masuk ke beranda nanti akan terlihat aplikasi Magisk Manager atau SuperSU Manager. Untuk lebih memastikan akses root telah didapatkan, gunakan aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.

Informasi Tambahan

Bagaimana Cara Hapus TWRP Dan Mengembalikan Mi Recovery?

Jika saat ini kamu ingin kembali menggunakan Stock Mi Recovery, bisa gunakan file recovery.img yang saya share disini.

Cara Hapus Magisk / Unroot

Apabila kalian ingin menghapus atau menghilangkan akses root di perangkat Android kamu yang sebelumnya sudah di root dengan Magisk, disini saya share file Magisk Uninstaller yang bisa kamu install melalui TWRP. Untuk petunjuk selengkapnya kamu bisa lihat postingan Cara Hapus Magisk.

Cara Mengatasi TWRP Internal 0 MB / unable to mount storage

Kalau kamu mengalami masalah internal terbaca 0 MB, itu solusinya mau tidak mau kamu harus menghapus atau reset penyimpanan internalnya.

Perhatian melakukan reset penyimpanan akan menghapus semua file dan aplikasi yang ada di Internal Storage jadi pastikan lakukan backup terlebih dahulu file-file yang menurut kamu penting seperti foto, video ataupun lainnya.

Caranya di TWRP pilih WipeFORMAT DATA – Ketik “yes” untuk mengkonfirmasi format data dan geser Swipe to Factory Reset. Setelah itu Reboot System.

Oh ya, jangan lupa juga untuk tetap menginstall Noverity.zip mau tidak mau kamu harus menggunakan Memory Card / SDcard agar bisa menginstall Noverity ini. Tanpa ini pastinya akan mengalami bootloop.

Saya harap tutorial ini bisa mudah kalian pahami dan berhasil memasang TWRP dan root Redmi 5A.

Tags

25 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close