TIPS n TRIK

Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4A (Rolex)

UBL Xiaomi Redmi 4A
Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4A – Redmi 4A adalah salah satu smartphone Xiaomi yang memiliki spesifikasi tangguh dengan harga yang relative murah. Dengan dukungan komunitas yang kuat smartphone ini menjadi lebih populer, banyak sekali kustom rom maupun modifikasi-modifikasi yang bisa kita gunakan untuk lebih memaksimalkan smartphone ini.

Tapi sayang sekarang ini semua perangkat Xiaomi di lock bootloadernya, apabila kamu ingin menginstall custom rom, melakukan flashing atau memodifikasi system terlebih dahulu harus membuka kunci bootloadernya atau biasa di singkat UBL (Unlock Bootloader).

Memang banyak yang kecewa dengan pembaharuan system yang di terapkan oleh Xiaomi dengan mengunci bootloadernya di smartphone-smartphone mereka sekarang. Tapi cukup di maklumin juga, semakin populer perangkat Xiaomi tentunya mereka akan lebih meningkatkan keamanannya dan mencegah produknya di tiru atau di palsukan.

Untuk melakukan UBL di Redmi 4A, kamu terlebih dahulu harus meminta ijin ke Xiaomi, setelah mendapatkan ijin baru bisa di UBL. Tapi tak semudah itu juga karena terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Di banding vendor lain proses UBL di Xiaomi tergolong lama meskipun begitu ada kelebihanya, kalau di Xiaomi UBL tanpa perlu menghapus data.

Apa itu Bootloader?

Bootloader adalah program yang pertama kali berjalan setelah kamu menghidupkan Redmi 4A nya. Bootloader ini bertugas untuk memeriksa dan memverifikasi firmware image apakah dikenali atau tidak. Contohnya kalau kita mengganti Recovery bawaan dengan TWRP otomatis Bootloader akan memberitahukan ke Kernel untuk tidak melakukan booting.

Bootloader ini ada 2 tipe yakni Locked Bootloader (terkunci) dan Unlocked Bootloader (terbuka). Untuk unlocked bootloader ada yang memang sudah di buka oleh vendor dan ada yang harus kita buka sendiri seperti bootloader Redmi 4A ini.

Masalah Garansi Yang Perlu Kamu Ketahui

Pada dasarnya garansi masih tetap berlaku setelah melakukan UBL, apabila kerusakannya berhubungan dengan Hardware seperti kameranya rusak, speaker yang tidak mengeluarkan suara, WIFI yang tidak bisa di nyalakan ataupun mati total karena kerusakan IC Power, EMMC dan lain sebagainya.

Tapi ada beberapa kasus dari teman-teman, klaim garansi ke pihak TAM (Distributor Resmi) biasanya mereka akan menolak garansi smartphone kita dengan berbagai alasan. Jadi saran saya sebaiknya klaim ke Service Center Xiaomi saja. Dan pastikan kamu tidak menggunakan metode UBL Unofficial atau melakukan bypass UBL.

Update:

Saat ini proses Unlock BootLoader sudah tanpa minta izin ke Xiaomi lagi atau menunggu SMS persetujuan dari mereka, kamu sudah bisa langsung download file UBL Redmi 4A dan langsung mencobanya. kalau beruntung Redmi 4A bisa langsung terbuka Bootloadernya tapi kalau lagi apes bisa-bisa disuruh menunggu selama 720 jam alias 1 bulan.

Cara Unlock Bootloader/UBL Di Xiaomi Redmi 4A

  1. Pastikan kamu telah membuat Akun MI terlebih dahulu. Untuk cara registrasi Akun MI bisa menggunakan hape Xiaomi kamu. Apabila sudah memiliki Akun silahkan login terlebih dahulu.
    Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4A (Rolex) 1
  2. Sekarang kamu download Mi Unlock Tool ini Mi Unlock Tool
  3. Kemudian extract file tadi di PC/laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip
  4. Langkah berikutnya kamu aktifkan Developer Option/Opsi Pengembang. Dengan cara buka SetelanTentang Ponsel – dan klik 7x Versi MIUI sampai muncul notifikasi “anda telah menjadi pengembang
    Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4A (Rolex) 2
  5. Setelah itu buka Setelan Tambahan pilih Opsi Pengembang kemudian aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Kalau masih kurang jelas lihat cara mengaktifkan USB Debugging disini
  6. Lanjut dengan buka menu Status Mi Unlock yang ada di opsi penggembang. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya tap Tambah akun dan Perangkat. kalu sukses binding akun, akan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4A (Rolex) 3
  7. Setelah itu buka file MiFlashUnlock.exe.
  8. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Mi AKUN yang telah dibuat tadi.
  9. Sekarang Matikan Redmi 4A kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara matikan hape nya kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, hubungkan ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
    Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4A (Rolex) 4
  10. Apabila Redmi kamu sudah terhubung dengan baik, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
    Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi 4A (Rolex) 5
  11. Apabila muncul “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 350 jam atau 15 hari, kalau munculnya 72 jam bearti kamu mesti nunggu 3 hari lagi untuk bisa di UBL Redmi 4A kamu.

Tips Tambahan:

– Bagi yang mengalami kegagalan saat binding akun meskipun sudah pake VPN, alternatif lain yang bisa kamu coba adalah dengan nonaktifkan fitur Cari Perangkat. Buka SetelanSinkronMi Cloud kemudian Restart setelah itu coba di bind lagi.
– Bagi yang masih gagal saat UBL, coba saat login di Mi Unlock gunakan nomor telepon yang sudah terbinding.

Demikianlah step by step proses membuka kunci bootloader Redmi 4A, semoga kamu beruntung langsung terunlock bootloadernya.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!