TIPS n TRIK

Cara Unlock Bootloader / UBL Redmi 7 (Onclite) / 7A (Pine)

Cara UBL Redmi 7 / 7A – Di tahun ini kita kedatangan 2 smartphone Xiaomi terbaru yang menyasar segmen menengah kebawah yakni Redmi 7 dan Redmi 7A. Apabila saat ini kamu memiliki salah satu atau bahkan kedua smartphone ini dan berkeinginan untuk membuka akses bootloader. Disini saya akan share bagaimana cara Unlock Bootloader di Redmi 7 dan Redmi 7A.

Redmi 7 dan Redmi 7A memiliki spesiifkasi yang berbeda cukup jauh, dimana dalam hal desain Redmi 7 sudah dibekali dengan full display berukuran 6,2 inci dan memiliki notch (poni). Sedangkan Redmi 7A masih menggunakan desain versi lama dan juga ukuran layar lebih kecil, hanya 5,4 inci.

Selain desain dan layar yang berbeda, dalam hal performa juga terasa perbedaannya, dimana Redmi 7 sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 632 dan GPU Andreno 506 sedangkan Redmi 7A mengandalkan chipset Snapdragon 439 dan pengolah grafis Andreno 505.

Chipset Snapdragon 439 dan 632 sama sama masih tergolong baru yang terbuat dari teknologi proses FinFET. Selain itu kedua Smartphone ini memiliki kesamaan dalam hal kapasitas baterai sebesar 4000 mAH.

Hal yang sama juga berlaku dalam hal Unlock Bootloader (UBL), kedua HP Xiaomi ini untuk proses membuka akses bootloader tidak ada yang berbeda. Masih sama dengan smartphone Xiaomi yang lain, cuma mungkin masalah waktu saja yang akan berbeda, ada yang langsung berhasil dan ada yang harus menunggu dalam beberapa hari untuk bisa sukses Unlock Bootloader.

Untuk bisa sukses Unlock Bootloader di Xiaomi, kamu membutuhkan PC atau Laptop serta koneksi internet. Untuk yang belum tahu cara UBL di Redmi 7 atau Redmi 7A ini, bisa kamu ikuti tahapan yang saya post ini. Dan untuk kamu yang masih baru mengenal Bootloader ini, mungkin akan bertanya-tanya apa seh itu bootloader?.

Apa itu Bootloader?

Bootloader adalah sebuah program yang mengatur proses booting di Android kalian saat di hidupkan, apakah itu langsung ke System Android atau masuk ke Recovery ataupun Fastboot. Bootloader ada 2 jenisnya pertama locked dan kedua unlocked.

Rata-rata semua smartphone terbaru sudah menerapkan Locked Bootloader, dimana kita tidak di izinkan untuk mengganti atau mengubah partisi-partisi yang ada di smartphone kita. Salah satu contoh partisi adalah Recovery, kita tidak bisa mengganti recovery ini dengan custom recovery seperti TWRP.

Agar bisa mengganti mi recovery dengan TWRP, kamu harus melakukan Unlock Bootloader atau biasa disebut UBL terlebih dahulu. Untuk proses UBL ini tiap produsen smartphone menerapkan prosedur yang berbeda-beda.

Prosedur UBL di perangkat Xiaomi saat ini sudah cukup mudah, tidak seperti dahulu yang harus menunggu SMS persetujuan dari Xiaomi. Cuma mungkin masalah delay waktu saja yang terkadang cepat dan terkadang menunggu dalam beberapa hari.

Cara Unlock BootLoader Redmi 7 / 7A

  1. Langkah pertama kamu harus login dengan Akun Mi terlebih dahulu, bagi yang belum punya silahkan buat akun terlebih dahulu. Dengan memilih tombol buat akun.
    membuat akun mi
  2. Setelah berhasil login dengan Akun Mi, langkah selanjutnya kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging yang ada pada Redmi 7. Untuk caranya lihat disini Tutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock.
  3. Setelah itu kamu buka menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya pilih Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses terbinding akan muncul tulisan “Berhasil ditambahkan. Akun mi tertaut dengan perangkat ini sekarang“. Seperti pada screenshot di bawah ini.
    suskes binding mi akun
  4. Kamu sudah siap untuk proses UBL. Sekarang download File UBL Redmi 7/7A ini. Setelah terdownload extract file itu di PC atau Laptop Windows kamu dengan software seperti Winrar atau Winzip.
  5. Kemudian itu kamu Double klik file MiFlashUnlock.exe. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Akun Mi yang telah dibuat tadi.
  6. Sekarang matikan Redmi 7 kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
    fastboot mode redmi 7a
  7. Hubungkan Redmi 7 kamu ke PC/Laptop, kalau HP kamu terbaca oleh PC, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock.
    redmi 7 terdetek
  8. Proses UBL tidaklah lama, kalau berhasil akan di tandai dengan tulisan “Unlocked Successfully“.
    unlock sukses di redmi 7a

Tapi terkadang hanya muncul notifikasi seperti “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti kamu hanya bisa melakukan UBL setelah 3 hari, kalau di suruh tunggu 360 jam bearti 15 hari untuk bisa melakukan UBL lagi.

Saat menunggu untuk bisa UBL lagi, jangan mengganti Akun Mi nya atau jangan coba-coba untuk melakukan bypass UBL yang sangat beresiko terjadinya error pada Redmi 7 kamu.

Tips Bagi Yang Tidak Terdetek Di PC

Bagi yang mengalami problem tidak bisa ke detek oleh PC, coba pindah port USB yang lain dan pastikan Kabel USB berkualitas baik. Kalau tidak juga berhasil coba install driver secara manual. Caranya klik file MiUSBDriver.exe yang ada di folder MiFlash Unlock. Setelah itu hubungkan Redmi 7 ke PC atau laptop. Otomatis driver akan terinstall.
Cara Unlock Bootloader / UBL Redmi 7 (Onclite) / 7A (Pine) 2

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!