Tips

Cara Aktifkan USB Debugging Xiaomi dan Opsi Pengembang

Cara mengaktifkan Opsi Pengembang serta USB Debugging dan OEM Unlock di semua HP Xiaomi baik itu MIUI 8, MIUI 9, MIUI 10, MIUI 11, MIUI 12 dan OS Android Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie dan Android 10 .

Semua perangkat yang menggunakan Android sebagai operasi system pasti memiliki menu Opsi Pengembang tapi memang disembunyikan karena fitur ini di peruntukan buat pengembang aplikasi.

Banyak fitur-fitur yang ada di developer option ini seperti USB Debugging yang memungkinkan terhubung dengan PC melalui Android Debug Bridge (ADB) sehingga para developer bisa membaca log, kirim file system ataupun buat install ulang dengan flash tool.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi
Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang ini ada trik tersendiri, dan pada dasarnya semua perangkat Android sama saja caranya tapi ada beberapa yang sedikit berbeda. Dan bagi pengguna Xiaomi (MIUI) bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

  1. Buka Setelan HP Xiaomi.
  2. Kemudian pilih Tentang Ponsel.
  3. Setelah itu klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI.
  4. Nanti muncul notifikasi “Sekarang anda sudah menjadi pengembang“.
  5. Sekarang Opsi Pengembang telah aktif. Silahkan lihat di menu Setelan Tambahan.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Hp Xiaomi

Cara Mengaktifkan USB Debugging Dan OEM Unlock Xiaomi
Diantara fitur-fitur yang ada di Opsi Pengembang, mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock paling terpenting, apalagi yang suka oprek Androidnya.

Buat kalian yang belum tahu cara mengaktifkan USB Debugging, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Setelan Tambahan.
  2. Pilih Opsi Pengembang.
  3. Kemudian aktifkan USB Debugging. Jika ingin UBL aktifkan juga OEM Unlock.
  4. Sekarang coba kamu hubungkan ke PC, nanti ada notifikasi meminta ijin untuk terhubung ke PC.
  5. Jika sudah muncul notifikasi RSA Key Fingerprint seperti gambar dibawah ini, kamu pilih OK.
    Notifikasi RSA Key Fingerprint Xiaomi

Dan sekarang Xiaomi kamu sudah terhubung ke PC dengan modus Debug USB. Dan telah siap untuk melakukan UBL atau memasang TWRP ataupun hal lainnya.

Cara aktifkan USB Debugging di atas bisa kamu terapkan di semua perangkat Xiaomi baik itu MIUI 7/8/9/10/11 seperti:
Xiaomi Redmi 5 /5 Plus, Redmi 5A, Redmi 4 / 4X / 4A, Redmi 3/3S/3x, Redmi 2 / Note 2, Redmi 6 / 6A, Redmi 7 / 7A, Redmi Note 4 / 4X, Redmi Note 5A / Prime, Redmi 8 / 8A, Redmi 9 / 9A / 9C dan lain sebagainya.

Manfaat USB Debugging

Banyak manfaat yang akan kalian dapatkan setelah Debugging USB aktif di Hp Xiaomi. Berikut ini beberapa kegunaannya.

Sekarang, kamu sudah tahu mengenai cara mengaktifkan opsi pengembang dan USB Debugging di hp Xiaomi. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu kamu agar ponsel milikmu bisa terhubung dengan baik di PC atau Laptop.

Share informasi ini ke teman-teman agar mereka tidak mengalami kesulitan saat menyambungkan kabel USB ke PC, sehingga dapat dengan mudah melakukan Unlock Bootloader, install TWRP, flashing ulang, dan memanfaatkan beberapa fitur penting yang ada di developer option ini.

Jika menemukan masalah yang berhubungan dengan Opsi pengembang dan USB debugging ini, Silahkan berkomentar, dan saya akan mencoba membantu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Apabila ingin selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai artikel Cara Mengaktifkan USB Debugging di Developer Option Xiaomi (MIUI), maka saya akan menyarankan untuk bookmark situs ini dan tidak pernah ketinggalan pembaruan dari tutorial ini.

6 Comments

  1. saya sudah mengikuti tutorialnya, tetapi tidak masuk ke TRWP nya hanya balik2 ke logo MI trs mati, gmn ya caranya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *