TIPS n TRIK

Cara Flash Ulang Andromax A (A16C3H) Tanpa PC

Cara Termudah Flash Andromax A Tanpa PC – Flash adalah proses untuk menginstall / memasang ulang firmware Android / ROM di smartphone atau tablet yang menggunakan operasi sistem Android. Mungkin sebagian dari kalian semua sudah mengenal dengan istilah ini. Nah kali ini saya mencoba memberikan tutorial termudah untuk flash Andromax A.

Flash biasanya dilakukan karena perangkat Androidnya mengalami kerusakan ataupun hanya ingin mengubah firmware/rom yang tertanam di smartphonenya.

Di Andromax A ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan instalasi ulang firmware Androidnya tanpa menggunakan PC seperti Flash via Recovery/Custom Recovery TWRP dan SDimage.

Dan disini saya hanya akan membahas mengenai instal ulang melalui SDimage saja.

Apa itu SDimage?

SDimage adalah sebuah firmware Android yang digunakan untuk melakukan flashing atau instalasi ulang hanya dengan menggunakan Memory Card saja. Flash dengan SDimage ini hanya khusus untuk perangkat Android buatan Haier.

Seperti kita ketahui Smartfren bekerja sama dengan Haier untuk menghadirkan beberapa produk Smartfren seperti Andromax A, Andromax E2, Andromax C3, Andromax G2 dan masih banyak lagi.

Biasanya flashing dengan metode ini dilakukan apabila Andromax A kamu mengalami kerusakan cukup berat seperti terhapusnya salah satu partisi misalnya kondisi tidak bisa hidup tapi bisa ngecash, layar menjadi putih atau restart berulang-ulang.

Apabila kamu mengalami problem seperti dia atas, di tutorial ini saya akan share tentang cara flash dengan metode SDimage, dimana tanpa perlu perangkat PC untuk melakukanya.

Persyaratan Flash Via SDimage

  1. Tutorial ini, hanya untuk pengguna Andromax A versi “Dewi” (Versi hardware X20).
  2. Menyediakan Memory Card yang berkualitas baik serta berkapasitas minimal 4GB.
  3. Pastikan juga baterenya sudah terisi minimal 50% lebih.
  4. Metode ini hanya berjalan di Andromax A dengan nomor bentukan 4.3 kebawah ataupun yang sebelumnya sudah melakukan downgrade. Bagi yang sudah terupgrade ke nomor bentukan 4.9, 5.6 dan 6.3 sampai saat ini hanya bisa melalui PC dengan melakukan test point. Dan tutorial ini juga tidak bisa memperbaiki Andromax A yang mengalami kerusakan berat seperti Mati Total atau Broken Permanent. Untuk solusi yang mati total atau Broken Permanen bisa mengikuti https://www.cararoot.com/cara-mengatasi-andromax-a-a16c3h-broken-permanently/.

Bahan SDimage Andromax A

Firmware SDimage Andromax A

Cara Flash Andromax A Tanpa PC Lewat SDimage

  1. Extract file Firmware sdimage Andromax A dan letakan folder sdimage di SDcard/Memory card (jangan meletakan di dalam folder). Untuk melakukan itu kamu bisa menggunakan HP yang lain tapi jangan HP buatan Haier ya, sekedar referensi HP buatan Haier itu seperti Andromax C3, Andromax G2, Andromax EC, Andromax E2 nanti malah HP tersebut MATI TOTAL.
  2. Setelah itu pasang kan Memory Card yang sudah berisi SDimage ke Andromax A kamu
  3. Kemudian hidupkan Andromax A kamu
  4. Tunggu sampai selesai. iconnya berubah menjadi hijau
    Cara Flash Ulang Andromax A (A16C3H) Tanpa PC 1
  5. Sekarang cabut baterenya dan hapus folder sdimagenya, untuk menghapus folder sdimage bisa gunakan PC/Laptop atau hape yang bukan buatan Haier (perhatian!! memory card yag berisi folder sdimage ini jangan di pasang ke hape Andromax C3,G2,EC,E2 ataupun smartphone buatan Haier yang lain. Bisa berakibat Fatal!!))
  6. Setelah itu pasangkan kembali Memory cardnya dan silahkan hidupkan dengan menekan Tombol POWER agak sedikit lama

Selamat mencoba dan semoga berhasil memperbaiki Andromax A kamu, nanti kalau ada kesempatan saya akan share juga tentang cara flash menggunakan flashtool via PC.

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *