Home / ROOT / Cara Root Dan Pasang TWRP Andromax A A16C3H Tanpa PC

Cara Root Dan Pasang TWRP Andromax A A16C3H Tanpa PC

Cara Root Dan Pasang TWRP Andromax A A16C3H Tanpa Broken Permanen. Andromax A saat awal-awal rilis untuk mendapatkan akses root bisa dengan melakukan downgrade terlebih dahulu tapi seiring waktu smartfren menutup celah ini, sehingga bagi pengguna Andromax A yang sudah terupgrade ke nomor bentukan 4.9 ke atas sudah tidak bisa lagi menggunakan metode downgrade.

Tapi sekarang ada metode root terbaru dengan menggunakan aplikasi 360Root, aplikasi ini sama dengan Kingroot tapi bisa bekerja dengan baik untuk membuka akses root di smartphone ini.

Sebenarnya saya enggan memposting tutorial ini karena memang beresiko, berhubung banyaknya komentar yang menanyakan tutorial ini maka saya coba buat secara detail, semoga tidak ada yang terlewatkan.

Perhatian

  1. Tutorial ini tidak untuk Andromax A versi ‘DEWA’ (Versi Hardware X58), karena saya belum pernah mencobanya
  2. Root menghilangkan Garansi
  3. Kalau masih menggunakan nomor bentukan 4.3 kebawah rekoemndasi gunakan metode downgrade
  4. Sangat di sarankan setelah TWRP terpasang langsung instal kustom rom Andromax A
  5. Tapi kalau memang ingin tetap menggunakan Stock ROM (ROM Bawaan Smartfren) jangan pernah instal SuperSU! dan selalu berhati-hati!, karena selain SupeSU mungkin saja ada yang lain yang bisa mengakibatkan broken permanen. Karena saya jarang menggunakan Stock ROM jadi kurang banyak tahu, hal lain yang bisa mengakibatkan broken permanen. (fix dengan anti broken permanent)
  6. Dan kalau memang ada update ota lagi sebaiknya jangan di update
  7. Apapun yang terjadi di smartphone Max A kamu bukanlah tanggung jawab saya, karena tutorial ini sudah saya coba sendiri. Baca dan pahami dulu sebelum mencobanya

Update: Bagi yang sudah di root agar tidak terjadi Broken Permanent silahkan instal file Anti Broken Permanen di bawah ini.

Bahan-Bahan

Tahap pertama kita akan melakukan root dengan aplikasi yang bernama 360root, root dengan aplikasi ini hanya bersifat sementara saat kamu Reboot/Boot Ulang otomatis akses root akan hilang, jadi ini sebagai batu locatan untuk memasang TWRP.

Cara Root Andromax A Dengan 360 Root

  1. Install 360 Root Kalau muncul Pemasangan di Cekal pilih Setelan kemudian aktifkan Sumber Tidak dikenal
  2. Sekarang coba di install lagi, apabila muncul Pemasangan di Blokir pilih Detail Selengkapnya kemudian klik tulisan Tetap Pasang (Tidak aman)
  3. Kalau masih tetap tidak terinstall, kamu harus non-aktifkan Google Play Protect. Buka Play StorePlay ProtectPemindaian lengkap di nonaktifkan.
  4. Buka 360Root kemudian klik ROOT, silahkan menunggu progress root sampai 100% (koneksi internet harus aktf dan stabil). Root berhasil di tandai 50 dan beberapa menu di bawah nya (lihat gambar ke 3)
  5. Sampai di sini root telah berhasil tapi hanya sementara, Kalau MAx A nya di Reboot, root akan hilang dan harus mengulang lagi.

Sekarang lanjut dengan memasang TWRP yang bertujuan untuk menginstall file Magisk agar root bisa permanen di Stock ROM atau bisa juga digunakan untuk flashing Custom ROM.

Cara Pasang TWRP Andromax A

  1. Buka aplikasi Rashr, kalau tertulis Device Not Rooted. please Root it. Kamu buka 360 Root terus pilih Root kemudian klik Rashr terus kamu pilih yang warnah hijau. (lihat urutan gambar di bawah ini.)
  2. Sekarang buka Recent Task terus pilih Hapus Semua. Setelah itu buka kembali Rashr nanti ada promt Warning, kamu pilih “I Know The Risk” kemudian pilih Recovery From Storage
  3. Di sini mungkin sedikit membingungkan, secara default file manager Rashr menampilkan isi Memory Card, apabila TWRP Andromax A kamu berada di Internal, kamu pilih Storage kemudian Sdcard0. Setelah file TWRP nya sudah ketemu kamu klik filenya.
  4. Nanti akan muncul Warning Choosing TWRP_Andromax_A.img are you sure?, pilih YES maka Rashr akan memasang TWRP, setelah selesai ada prompt Reboot in to recovery now? pilih YES

Sampai disini Andromax A kamu sudah terpasang TWRP dan kamu bisa mengikuti step berikutnya flashing file Root Magisk agar Root nya bisa permanen. Atau juga bisa langsung menginstall Custom ROM seperti ROM MIUI, Vivo Funtouch, atau OPPO ColorOS yang pernah saya share di “Kumpulan Custom ROM Andromax A“. Tapi kalau kamu masih ingin menggunakan Stock ROM, silahkan ikuti step berikutnya melakukan Root dengan Magisk Root agar bisa permanen root nya.

Root Stock ROM Andromax A Dengan Magisk

  1. Install terlebih dahulu file Anti Broken Permanen. Pilih Install pilih file Anti_broken_Permanen_Andromax_A.zip setelah itu Swipe To Install
  2. Lanjut dengan install Magisk Root. Pilih Install kemudian pilih file Magisk selanjutnya Swipe to install
  3. Setelah sukses terpasang pilih Reboot System, kalau muncul Install SuperSU jangan di install pilih Do not install. Intinya selama kamu menggunakan Stock ROM jangan sekali-kali menginstall SuperSU!, Instal SuperSU akan menyebabkan Broken Permanen (sudah fix dengan file Anti Broken).

Setelah Root dengan Magisk berhasil, di homescreen ada aplikasi baru bernama Magisk Manager. Sekarang kamu sudah bisa memasang berbagai aplikasi Root. Berhubung 360root ini sudah tidak berguna lagi sebaiknya kamu hapus aplikasi tersebut. Untuk menghapus 360Root gunakan aplikasi Bloatware Remover yang bisa kamu dapatkan di Play Store.

Cara Hapus 360 Root

  1. Instal Bloatware Remover via Play Store
  2. Buka Aplikasi tersebut, kemudian pilih 360Root setelah itu klik OKE dan saat muncul permintaan SuperUser pilih izinkan

Menghilangkan Tulisan Rooted di statusbar

Untuk menghilangkan atau menghapus tulisan rooted di statusbar, flashing via TWRP file di bawah ini

Semoga kamu sama seperti saya berhasil melakukan root di stock rom dan memasang TWRP di Andromax A.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

2 comments

  1. Lapor min, Anti broken permanen ternyata bisa di pasang di andromax a v6.3 (versi dewi), Terimakasih min.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *