Saturday , 20 October 2018
Home / APLIKASI / Cara Pasang Xposed Framework Di Android Nougat

Cara Pasang Xposed Framework Di Android Nougat

Cara Install Xposed Framework Di Android Nougat
Xposed bagi sebagian pengguna android yang gemar mengoprek hapenya hampir bisa dikatakan sebagai aplikasi wajib yang harus terinstall di smartphonenya. Karena banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan terinstallnya xposed di android seperti setting penyimpanan default ke sdcard, melakukan tweak performa maupun batere, kustomisasi systemui dan banyak lagi. Tentunya bagi yang sudah menggunakan Operasi system Android Nougat sedikit kecewa karena Xposed tidak bisa bekerja di android nougat. Tapi sekarang sudah tidak masalah lagi.

Pengembang ROM PurifyOS yang berasal dari italy ini baru-baru ini berhasil membuat xposed kompatible dengan Android Nougat dan banyak user rom lain yang juga sukses menggunakan Xposed Framework ini. Dan meski xposed ini masih dalam tahap experimental tapi ini menjadi berita yang sangat mengembirakan dan tentunya kedepanya makin banyak modules-modules xposed yang bisa di apply dan makin stabil.

Untuk cara installnya juga sama dengan Xposed Framework Lollipop dan Marshmallow dengan menggunakan custom recovery seperti TWRP. Bagi yang ingin menginstall Xposed di ROM nougat silahkan mencobanya.

Update:

Berita gembira bagi para opreker karena pengembang resmi Xposed yakni Rovo89 telah merilis versi Xposed Android Nougat versi stabil. Xposed Nougat ini sudah sangat layak di gunakan sehari-hari.

Perhatian

– Pastikan sudah terinstall TWRP dan telah sukses membuka akses root
– Xposed di bawah ini hanya bisa bekerja di Android Nougat 7.0 dan 7.1

Cara Mengecek SDK Dan Arsitektur Kernel

Xposed Framework ini harus sesuai dengan perangkat android yang kamu gunakan, baik itu SDK (software development kit) dan juga arsitektur kernel nya.

Untuk mengetahui ke dua hal tersebut kamu install dulu aplikasi Xposed Installer versi 3.15 ini. Cara instalnya seperti biasa, sama seperti menginstall file berformat .APK. Setelah itu buka aplikasinya dan akan nampak seperti contoh gambar di bawah ini
cek SDK Dan Arsitektur Kernel xposed
Pada gambar di atas bagian Your Device disitu tertulis API 25 bearti SDK 25 dan tertulis arm64 bearti menggunakan kernel 64-bit. Nanti saat mendownload file kamu pilih sdk25 dan arm64.

Unduh Xposed Framework Nougat flashable zip

Buat Android 7.0 Nougat(sdk24)
Untuk Android 7.1 Nougat (sdk25)

*saat ini yang terbaru versi 89

Xposed Uninstaller

File uninstaller ini berguna untuk menghapus Xposed apabila kamu sudah tidak ingin menggunakannya lagi ataupun bisa digunakan mengatasi bootloop setelah memasang Xposed. Jadi downlaod juga file ini untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan
xposed-uninstaller-20180117-arm64.zip
xposed-uninstaller-20180117-arm.zip

Cara Instal Xposed Framework Di Android Nougat

Setelah semua bahan Xposed telah siap, sekarang kamu masuk ke TWRP. Untuk cara masuk ke TWRP di tiap smartphone berbeda-beda, biasanya menggunakan tombol kombinasi Volume Atas dan Power atau Tombol Volume Bawah Dan Power bahkan ada yang menggunakan ke 3 tiga tombol tersebut. Dalam hal ini pasti kamu lebih tahu.

Setelah berada di TWRP, kamu pilih menu Install dan pilih file xposed-v89-sdk25-arm64.zip

Kemudian Swipe to Flash, proses flashing Xposed segera dimulai. Tidak lama kok paling 1 menitan.
Setelah flashing selesai, kamu pilih Reboot System dan smartphone kamu akan reboot.
xposed terpasang via twrp

Silahkan menunggu proses booting sedikit lebih lama mungkin berkisar 5 menitan.

Setelah berhasil masuk ke Homescreen, kamu buka aplikasi Xposed Installer, kalau nampak tanda Ceklist dengan background hijau dan bertuliskan “Xposed Framework version 89 is active” itu menandakan kamu telah berhasil memasang Xposed Framework di Android Nougat.

Xposed Nougat aktif

Bagi yang ingin mengikuti perkembangan Xposed Nougat ini kamu bisa ke Thread Resminya di XDA Forum ini.

Bagi yang ingin memberikan sedikit rejekinya ke pengembang Xposed, silahkan donasikan ke Rovo89.

Tips

  1. Sebelum mencobanya lebih baik lakukan backup rom kamu terlebih dahulu, apabila justru membuat hape kamu bootloop ataupun xposed nya ga berkerja dengan baik dapat dengan mudah melakukan restore.
  2. Apabila justru menyebabkan aplikasi Force Close, coba masuk ke TWRP dan lakukan Wipe Dalvik dan Cache.

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan Xposed dengan berbagai modulenya yang sesuai dengan yang di inginkan agar lebih memaksimalkan penggunaan android. Mungkin pertama akan terasa ribet tapi lama-lama juga akan terbiasa dan menambah pengalaman kamu.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

One comment

  1. Dipakai Di Xioami Note 3 Pro Work gk >/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *