Cara Pasang Xposed Framework Di Android 10 / Pie / Oreo

Xposed Framework Oreo, Pie dan Android 10 – Bagi pengguna Android yang suka otak atik Hp nya, pastinya sudah pernah mencoba Xposed Framework atau setidaknya sering mendengar tentang tools ini. Untuk itu, disini saya akan bahas, bagiamana cara memasang Xposed Framework di Hp yang berbasis Android 8.0/8.1 Pie.

Xposed framework pertama kali dikembangkan oleh Rovo89 dari XDA-Developers sekitar tahun 2014, dimana Xposed ini bertujuan untuk mengubah ROM tanpa harus melakukan modifikasi terhadap Aplikasi (APK) Sistem. Cara kerjanya mirip dengan Magisk.

Kalau dahulu, untuk mengubah tampilan ataupun menambah fitur dari aplikasi, ada beberapa proses yang harus dilalui seperti melakukan deodex rom dulu baru kemudian decompile dan recompile file APK setelah itu memodifikasi APK tersebut. Proses seperti ini selain ribet tentunya memakan waktu yang cukup lama.

Terakhir kali Xposed dirilis untuk pengguna Android Oreo itupun masih tahap beta dan sudah lebih dari setahun Xposed ini tidak dikembangkan lagi. Bagi pengguna Android Pie dan Android 10 tentunya sedikit kecewa dengan ketidakhadiran Xposed ini.

Dan saat ini kamu tidak perlu kecewa lagi, karena sudah ada Xposed baru yang kompatible dengan Android 10, Android 9.0 Pie dan Android 8.0/8.1 Oreo. EdXposed yang dikembangkan oleh solohsu sudah mampu mengadopsi fitur dari Xposed Framework ini di HP Android terbaru.

EdXposed ini merupakan salah satu modul Riru yang ada di Magisk Manager, jadi untuk memasang Xposed ini, pastikan Android kamu sudah di root dengan Magisk.

Cara Pasang Xposed Framework Android 10 / Pie / Oreo

Cara Pasang Xposed Framework Android 10 / Pie / Oreo

  1. Buka aplikasi Magisk Manager dan klik 3 baris dipojok kiri atas.
  2. Kemudian pilih Unduhan.
  3. Pada bagian form pencarian ketik “riru”.
  4. Pilih dan install Riru (Riru – Core).
  5. Selanjutnya, install Riru EdXposed.
  6. EdXposed ini ada 2 varian yakni SandHook dan YAHFA. Kamu coba salah satu, kalau tidak kompatible ganti dengan varian yang lain.
  7. Kalau sudah terpasang, silahkan di Reboot.
  8. Setelah itu, buka EdXposed nanti kamu disuruh install EdXposed Manager. Klik OK otomatis akan diarahkan ke halaman Github.
  9. Download dan install EdXposed Manager yang ada di situs Github atau disini.

Kalau sudah selesai, kamu sudah bisa memasang berbagai module Xposed Framework melalui EdXposed Manager ini. Tapi mungkin tidak semua module Xposed bisa berjalan dengan baik di Android Oreo keatas.

Video

Demikianlah cara pasang Xposed Framework di Android Oreo, Android Pie dan Android 10. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close