Saturday , 20 October 2018
Home / TIPS n TRIK / Cara Mengunci / Lock Jaringan 4G Pada Smartphone VIVO

Cara Mengunci / Lock Jaringan 4G Pada Smartphone VIVO

Cara Mengunci / Lock Jaringan 4G Pada Smartphone VIVO
Vivo salah satu Vendor smartphone dari China yang cukup sukses penjualan perangkat Android mereka di tanah air, itu di buktikan dengan menempati peringkat ke 3 dengan penguasaan market share sebesar 7,5% di tahun 2017. Menurut IDC selaku periset pasar, Vivo mengalami kenaikan penjualan di banding tahun 2016.

Saat ini hampir semua smartphone terbaru mereka sudah di bekali dengan koneksi internet berkecepatan tinggi LTE atau biasa di sebut 4G (generasi ke-4 dari teknologi komunikasi mobile-internet.), seperti Vivo Y53, Vivo Y55, Vivo V7, Vivo V5, Vivo V9, Vivo Y51, Vivo Y71.

Saat ini para operator telkomunikasi di indonesia berlomba-lomba menawarkan paket internet yang terjangkau meskipun sedikit ribet, dimana paketan internet mereka biasanya di bagi-bagi, ada Kuota 4G dimana hanya bisa digunakan di jaringan 4G, Kuota semua jaringan bahkan ada juga Kuota tengah Malam yang hanya bisa digunakan pada jam 01 – 06.

Dan rata-rata mereka memberikan Kuota 4G lebih besar di bandingkan Kuota Utama, bagi sebagian pengguna yang tinggal di daerah yang jangkauan sinyal 4G nya lemah tentunya menjadi hal yang menyebalkan. Sebab, saat jaringan berpindah ke 2G/3G/HSDPA otomatis kuota utama mereka yang terpakai, sehingga tidak bisa maksimalkan menggunakan paket datanya.

Saat ini jangkauan 4G di indonesia belumlah luas dan stabil, sehingga masih banyak daerah yang masih lemah jangkauan sinyal 4G. Hal ini menyebabkan jaringan pada smartphone Vivo kamu akan berpindah ke 3G/HSDPA, seringnya berpindah jaringan di smartphone kamu selain Kuota 4G tidak maksimal di gunakan, hal ini juga menjadi faktor penyebab PING membesar, sehingga bagi yang senang main game online akan terganggu aktifitasnya, karena mengalami lag. Koneksi yang tidak stabil juga bisa membuat download tidak sempurna (korup), hal hasil menjadi sia-sia karena filenya tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut terpaksa kamu harus mengunci jaringan 4G nya agar tidak berpindah-pindah lagi. Untuk pengguna Vivo membutuhkan trik tersendiri agar bisa mengunci 4G ini. Secara umum di Android untuk mendapatkan ospi 4G Only / 4G saja menggunakan dial ke *#*#4636#*#*, tapi kalau di Vivo berbeda lagi kodenya. Untuk lbh lengkapnya liha tutorialnya di bawah ini.

Cara Lock Jaringan 4G Di Smartphone VIVO

  1. Pertama buka dial telepon kemudian ketik *#*#4838#*#*
  2. Setelah itu kamu akan masuk ke menu Menguji, disitu ada pilihan beberapa menu kamu pilih Informasi Telepon.
  3. Langkah selanjutnya pada “Setel jaringan yang disukai” pilih LTE Only dan tunggu beberapa saat sampai sinyal muncul kembali.

Sekarang sinyal atau jaringan 4G sudah di terkunci, kamu sudah tidak khawatir lagi dengan masalah kuota 4G. Tapi perlu kamu ketahui juga, mengunci jaringan 4G only ini ada kekuranganya, dimana kamu tidak bisa menggunakan smartphonenya untuk berkomunikasi via telpon ataupun SMS sebab operator di tanah air saat ini belum support VOLTE (Voice Over LTE), saat ini yang sudah mengadopsi VOLTE adalah Smartfren, ya Smartfren saat ini merupakan operator satu-satunya yang mendukung teknologi VOLTE ini.

Apabila kamu ingin kembali ke pengaturan awal lagi, lakukan hal yang sama cuma pada menu Setel jaringan yang di sukai pilih LTE/GSM auto (PRL) atau LTE/GSM/CDMA auto (PRL).

Sekian dulu tips dari saya ini, semoga bermanfaat bagi para pengguna smartphone dari VIVO.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *