Home / Serba-serbi / 8 Tips TerAmpuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone Kamu

8 Tips TerAmpuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone Kamu

Baterai adalah komponen terpenting dari smartphone, tanpa ini, smartphone kamu tidak akan bisa digunakan. Kapasitas baterai salah satu bahan pertimbangan penting ketika kamu akan membeli smartphone. Kebayangkan saat kamu sedang berada pada situasi penting yang membutuhkan smartphone tiba tiba mati dan gak bisa digunakan hanya karena baterainya habis?

Baterai smartphone yang cepat habis tentunya akan menghambat aktivitas kita. Agar smartphone kamu mampu bertahan lama sebaiknya ikuti langkah berikut apabila ingin menghemat baterai smartphone.

8 Tips TerAmpuh Untuk Menghemat Baterai Smartphone Kamu

Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

Pastikan kamu sudah menutup semua aplikasi yang masih berjalan dan sudah tidak digunakan lagi di smartphone kamu. Tombol back yang ada di smartphone kamu tentunya tidak akan berjalan secara otomatis untuk menutup aplikasi yang sudah kamu buka. Beberapa aplikasi yang berada di smartphone kamu justru akan terus berjalan dan membuat daya tahan baterai kamu cepat habis dan tidak bertahan lebih lama.

Sesuaikan Kecerahan

Kurangi kecerahan layar smartphone kamu, usahakan di atur seminimal mungkin. Pengaturan yang maksimal akan membuat baterai habis dengan sangat cepat. Nah, cara yang paling efisien adalah mengaturnya di tengah-tengah bahkan sedikit mendekati minimum, dimana menurut kamu cukup jelas dapat dibaca. Atau kamu gunakan kecerahan otomatis, yang akan menyesuaikan sendiri dengan kondisi cahaya di sekitarmu.

Aktifkan Mode Battery Saver

Rata-rata semua smartphone memiliki mode Battery Saver yang akan membuat smartphone kalian menggunakan jauh lebih sedikit daya. Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengkonsumsi baterai kalian akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi. Biasanya untuk mengaktifkan Power Saving Mode adalah dengan akses ke Settings – Battery, lalu aktifkan Battery Saver.

Kamu bisa mengaktifkan mode ini kapan pun kalian mau dan bisa memilih untuk menggunakannya secara otomatis ketika bateraimu telah menunjukkan tingkat baterai lemah, biasanya di antara 5% atau 15%.

Matikan Wi-Fi, GPS dan Bluetooth

Perlu kamu ketahui fitur seperti Wi-Fi, GPS dan Bluetooth ini memerlukan daya yang cukup besar. Alangkah elbih baiknya apabila kamu sudah selesai menggunakan fitur tersebut, segeralah menon-aktifkan kembali agar baterai smartphone kamu bisa bertahan lebih lama.

Gunakan Wallpaper Statis dan Gelap

Meskipun wallpaper yang memiliki cahaya terang dan animasi akan membuat smartphone kamu terlihat lebih bagus dan menarik, tapi hal ini justru menyebabkan daya tahan baterai cepat terkuras. Alangkah baiknya menggunakan wallpaper yang statis (tanpa animasi) saja. Dan juga menggunakan wallpaper berwarna gelap cukup efektif untuk menghemat baterai sekitar 6%.

Matikan Sinkronisasi, Notifikasi dan Mode Getaran

Sinkronisasi mempermudah kamu untuk mendapatkan notifikasi yang terupdate, namun pada hal inilah yang bisa mengurangi baterai smartphone, karena sinkronisasi ini akan terkoneksi ke internet secara terus menerus. Semakin sering notifikasi pembaruan kalian terima, semakin cepat baterai smartphone pun berkurang. Dengan mematikan fitur sinkronisasi, tentunya kamu tidak akan menerima notifikasi sesegara mungkin, tapi kamu bisa memilih aplikasi mana yang benar-benar di butuhkan untuk notifikasinya, misalnya Whatsapp atau Gmail.

Penggunaan mode getaran menjadi salah satu penyebab baterai smartphone kamu cepat habis. Karena oleh motor elektrik yang digunakan untuk menggerakkan getarannya akan menguras daya baterai secara besar-besaran. Sebaiknya ketika tidak membutuhkan mode getar, dimatikan saja.

Kumpulkan Apps Dalam Satu Folder

Salah satu trik yang cukup ampuh yang jarang diketahui adalah dengan menggumpulkan aplikasi yang ada di smartphone kamu dalam satu folder. Semakin sedikit aplikasi yang berada di homescreen, maka akan semakin awet baterainya.

Jangan Terlalu Sering Streaming Dan Bermain Game

Cara menghemat baterai yang terakhir yaitu dengan mengurangi kegiatan “streaming” dan “gaming” yang sering kamu lakukan. Meskipun menonton film maupun mendengar lagu sudah semakin mudah dengan layanan streaming, justru hal ini bisa membuat baterai smartphone cepat terkuras.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *