Tips dan Trik

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 dan Note 8 Pro

Baru memiliki Redmi Note 8 atau Redmi Note 8 Pro dan ingin membuka kunci bootloadernya (Unlock Bootloader)? Disini saya akan pandu kamu untuk melakukan UBL pada smartphone Xiaomi ini.

Unlock Bootloader atau biasa disingkat UBL adalah sebuah proses untuk membuka kunci bootloader yang diterapkan oleh vendor perangkat Android. Setiap vendor memiliki kebijakan sendiri-sendiri mengenai hal ini, ada yang tidak mengizinkan seperti Oppo atau Vivo dan ada pula yang memperbolehkan kita untuk UBL perangkat mereka seperti Google, ASUS, Samsung, HTC, LG, Sony, Xiaomi dan lain sebagainya.

Pengguna Hp Xiaomi termasuk beruntung, karena sampai saat ini kita masih diberikan kebebasan untuk unlock bootloader smartphone mereka. Pilihan ada ditangan kita sendiri, apakah ingin tetap locked bootloader atau unlocked bootloader.

Untuk pengguna Hp Redmi Note 8 yang tergolong masih baru, tentunya akan bertanya-tanya apa seh itu Bootloader serta manfaat dan resiko yang diakibatkan dari Unlock Bootloader ini.

Apa itu Bootloader?

Bootloader adalah sebuah program yang pertama kali bekerja saat Hp kita di hidupkan, program ini akan memvalidasi setiap partisi yang akan berjalan. contoh partisi seperti Recovery, System, Boot dan lainya. Apabila salah satu partisi tersebut sudah di modifikasi atau diganti otomatis bootloader akan berhenti bekerja, sehingga Redmi Note 8 kamu tidak bisa booting alias stuck.

Agar bisa mengganti partisi Recovery dengan TWRP atau System dengan custom ROM serta Boot dengan custom Kernel, kita perlu Unlock Bootloader terlebih dahulu agar bootloader tidak melakukan validasi lagi.

Manfaat Unlock Bootloader

Dengan Hp Redmi Note 8 yang sudah di UBL, kamu bisa memasang TWRP. Dengan adanya custom recovery TWRP ini, akan memudahkan kamu untuk melakukan root, karena saat ini root tool yang bisa bekerja hanya Magisk saja sedangkan root tool ini hanya bisa diinstall melalui TWRP.

Dengan menginstall custom ROM akan memberikan pengalaman berbeda, banyak hal-hal baru yang bisa kamu dapatkan sehingga menambah pengetahuan kamu tentang HP Android ini.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah melakukan flashing atau install ulang firmware melalui Mi Flash. Bagi saya ini salah satu paling penting. Di UBL maupun tidak, bisa saja Hp kamu terjadi error dan install ulang adalah salah satu cara untuk mengatasi hal ini apabila dengan reset Hp Xiaomi kamu tidak membuahkan hasil.

Kekurangan/Resiko Unlock Bootloader

Kemudahan melakukan flashing pada Hp Xiaomi yang sudah di Unlock Bootloader ini bisa menjadi boomerang apabila Hp kamu hilang atau dicuri orang. Orang yang menemukan akan dengan mudah menginstall ulang Redmi Note 8 kamu atau menggunakan custom ROM apabila terkunci oleh Mi Cloud.

Sekarang apabila kamu berniat ingin UBL Redmi Note 8 / Pro, bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8 / Pro

Cara Unlock Bootloader tiap vendor berbeda-beda, terkecuali perangkat dengan Android One atau Android GO yang mengikuti prosedur UBL dari Google yang lebih simple.

Sedangkan smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI seperti Redmi Note 8 ini akan mengikuti metode yang memang sudah dibuat oleh pihak Xiaomi. Untuk hasilnya setiap orang akan berbeda-beda ada yang bisa langsung sukses ada pula yang diharuskan menunggu beberapa hari.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat Akun MI terlebih dahulu. Untuk cara registrasi Akun MI bisa menggunakan hape Xiaomi kamu. Kalau sebelumnya sudah memilikinya silahkan login terlebih dahulu.
    buat akun mi
  2. Langkah berikutnya kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Lihat disini tutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock (Buka Kunci OEM).
    debugging usb dan oem unlock
  3. Setelah itu kamu buka juga menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut yang letaknya berada di tengah antara opsi Debugging USB dan Buka Kunci OEM.
    buka status mi unlock
  4. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya tap Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses binding akun, akan seperti gambar di bawah ini. (kalau gagal coba dinonaktifkan fitur Cari Perangkat. Buka SetelanSinkronMi Cloud kemudian Restart setelah itu coba di bind lagi)
    cara binding akun mi
  5. Sekarang kamu download Mi Unlock Tool ini Official Mi Unlock Tool untuk Redmi Note 8. Kemudian extract file tadi di PC/laptop Windows dengan software seperti Winrar atau Winzip. Setelah itu buka file MiFlashUnlock.exe.
    Mi Flash Unlock
  6. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Mi AKUN yang telah dibuat tadi.
    sign mi akun
  7. Sekarang Matikan smartphone kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara matikan hape nya kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, hubungkan ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
    xiaomi fastboot mode
  8. Apabila Redmi kamu sudah terhubung dengan baik, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock. Kalau tombolnya tidak bisa diklik itu berarti ada masalah dengan driver USB di PC. Untuk itu coba ikuti solusi mengatasi Xiaomi tidak konek di PC.
    tombol unlock
  9. Tidak sampai 1 menit akan muncul keterangan “Unlocked Successfully” itu menandakan kamu telah berhasil membuka kunci bootloader Hp Xiaomi.
    sukses ubl redmi note 8
  10. Apabila failed muncul seperti ini “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk bisa melakukan UBL. Dan ini hasilnya akan berbeda di setiap pengguna, malahan ada pula yang 720 jam alias 30 hari. Ya, kalau beruntung bisa langsung berhasil.

Saya harap saat ini, kamu sudah langsung sukses Unlock Bootloader, kalau disuruh menunggu terpaksa harus sabar menunggu beberapa hari untuk mencoba lagi melakukan UBL tapi biasanya akan langsung sukses.

Untuk meyakinkan status bootloader apakah sudah ter-unlocked bisa mengikuti panduan dibawah ini.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Redmi Note 8

Cara yang paling mudah adalah melihat tanda kunci Unlocked saat Redmi Note 8 kamu di restart. Kalau terlihat tulisan Unlocked seperti gambar dibawah ini, berarti Xiaomi kamu sudah di UBL.

Atau untuk lebih lengkap lagi, kamu bisa mengikuti tutorial cara cek status unlock bootloader Xiaomi.

Demikianlah tutorial mengenai cara unlock bootloader atau UBL di Hp Xiaomi Redmi Note 8 serta Redmi Note 8 Pro. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa bermanfaat buat Mi Fans.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *