BERITA

9 Fitur Keren yang Ada di Android Nougat

Melalui Snapchat, google secara resmi mengumumkan penerus android marshmallow yaitu Nougat. Seperti diketahui, nama-nama resmi Android sendiri selama ini selalu terkait dengan makan ringan atau permen. Yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0). Nougat adalah salah satu jenis permen yang berasal dari perancis yang dibuat dari gula atau madu dengan tambahan kacang panggang (kenari, pistachio atau hazelnut) dan buah2 kering.

Android Nougat ini diperkirakan akan dirilis sekitar bulan september atau oktober, dimana Google memberikan sejumlah fitur baru, seperti panel notifikasi, serta split screen multitasking. Selain itu Google juga meningkatkan performa fitur Doze, yang pertama hadir di Android Marshmallow.

Google pun mempunyai sebuah platform anyar bernama Daydream, yang merupakan sebuah platform virtual reality (VR). Sayangnya platform ini hanya akan tersedia untuk ponsel dengan spesifikasi tertentu yang sudah disyaratkan oleh Google.

android nougat fitur

Fitur Android Nougat

1. Split Screen Mode

Fitur Android Nougat ini memungkinkan kamu untuk membuka dua aplikasi sekaligus pada layar yang sama. Hebatnya lagi, kamu bisa melakukan drag and drop tulisan dari satu aplikasi ke aplikasi lain di mode ini.
Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah dengan menekan dan menahan tombol recent apps selama beberapa detik. Jika ingin keluar dari mode ini, kamu cukup melakukan hal yang sama sekali lagi.
Jadi, sekarang kamu bisa menonton Youtube di browser sekaligus membalas email atau chatting bareng teman-teman!

2. UI Tuner

Fitur keempat ini memungkinkan para kamu untuk menyesuaikan HP sesuai dengan selera masing-masing. Untuk mengaktifkan menu tersembunyi ini, tarik notification shade dan tekan agak lama sekitar 5 detik pada tombol pengaturan di bagian kanan atas. kamu kemudian akan menemukan menu baru di bagian pengaturan yang bernama “System UI Tuner”.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa memilih isi dari status bar pada HP kamu. Selain itu, pada UI Tuner ini, kamu bisa memilih untuk mengaktifkan mode “do not disturb” hanya dengan menekan tombol volume di bagian samping HP. Fitur ini mirip dengan salah satu module yang ada di Xposed Framework.

3. Easy Pull Down Shade Editing

Fitur yang satu ini memungkinkanmu melakukan kustomisasi pada pull-down shade dengan tiles pilihan Kamu, loh!

Jika kamu menarik shade dan menekan arah panah kecil yang terletak di bagian kanan, akan muncul default easy-access tiles seperti Wi-Fi, bluetooth, dan airplane mode. Untuk melakukan kustomisasi, cukup tekan tombol edit yang akan memunculkan seluruh list tiles. Nah, saat ingin mengeluarkan tiles yang default ataupun memasukkan tiles baru, cukup drap and drop tiles yang dimaksudkan.

Disamping itu, pull-down shade pada Android Nougat juga memungkinkan kamu untuk mengakses lebih banyak tiles dengan melakukan swipe kiri atau kanan. Kini, kamu bisa menjadi lebih efisien dalam mengakses fitur dan aplikasi penting di bagian pull-down shade.

4. Nougat Easter Egg

Kalau sistem operasi Android Marshmallow atau Lollipop punya game Flappy bird, lain lagi dengan sistem operasi Android terbaru ini.
Dengan nama Kitty Collector, game tersembunyi ini bisa kamu akses dibagian pengaturan, about phone, android version, dan tekan logo Android Nougat berulang kali sampai muncul emoji kecil bergambar kucing pada layar.

Kemudian tarik notification shade dan tekan tombol edit di mana kamu bisa menemukan lambang kucing dengan label “???? Android Easter Egg”. Cukup Drag and drop lambang kucing ke bagian quick panel untuk memunculkan lambang empty dish.

Setelah itu, tinggal pilih empat jenis makanan untuk kitty, mulai dari bits, ikan, ayam, dan treat. Setelah satu jam, akan muncul notifikasi kalau kamu sudah menemukan kitty. Lucu, ya!

5. Membalas Chat langsung di Notifikasi

Pada Android Nougat, kamu bisa membalas chat langsung di bagian notifikasi, loh! Fitur baru dari sistem operasi Android ini memungkinkan penggunanya tidak hanya melihat isi chat dibagian notifikasi, tapi juga membalasnya.

Jadi, kamu bakalan lebih produktif dan efisien karena nggak harus membuka aplikasi instant communication seperti Line dan Whatsapp terlebih dulu untuk membalas chat.

6. Pengaturan Daya Baterai

Kamu sering merasa kesal karena baterai HP cepat habis? Kalau ya, fitur Android Nougat satu ini bisa jadi solusimu!
Fitur pengaturan daya baterai bernama doze ini secara otomatis mematikan network access dan memblokir kemampuan aplikasi untuk terus berjalan saat HP sedang tidak digunakan.

Sebenarnya fitur doze yang satu ini sudah ada di sistem operasi Android Marshmallow. Namun berbeda dari sebelumnya, fitur doze pada Android Nougat akan tetap aktif walaupun HP kamu dalam keadaan bergerak.

Jadi, saat kamu sedang berlari dan menyimpan HP di kantong, fitur doze tetap akan bekerja untuk menghemat daya baterai. Oya, menurut estimasi, doze dapat menghemat daya baterai hingga 25 persen, loh!

7. Kontrol Notifikasi

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk mengatur notifikasi dari yang penting hingga yang kurang penting dengan cara mengaktifkan power notification controls di bagian UI Tuner.

Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur notifikasi dari setiap aplikasi dengan memilih skala nol (tidak penting) sampai lima yang berarti sangat penting.

Contohnya saja, kalau kamu memilih salah satu aplikasi game di HP dengan skala nol, berarti setiap notifikasi dari game ini akan di non-aktifkan. Sedangkan notifikasi dari aplikasi berskala lima akan ditampilkan di list notifikasi teratas, bahkan full-screen.

Untuk memilih skala notifikasi dari setiap aplikasi, kamu bisa menuju ke bagian notifikasi di pengaturan. Bagaimana, efisien sekali bukan?

8. Ukuran Layar

Bagi yang menderita rabun dekat atau suka dengan ukuran layar kecil supaya saat sedang nge-chat tidak diintip orang lain, fitur ini jawabannya!

Fitur Android Nougat yang satu ini memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran layar pada HP yang juga berpengaruh pada tulisan dan ikon. Kalau kamu mengganti ukuran layar, tulisan dan ikon juga akan menyesuaikan dengan ukuran layar yang baru.

Untuk menggunakan fitur ini, caranya gampang. Cukup akses bagian display, lalu pilih satu ukuran yang diinginkan dari lima ukuran layar yang tersedia.

9. Emergency Info

Fitur baru pada Android Nougat bernama emergency info ini memungkinkan kamu untuk menambahkan detil nama, alamat, tanggal lahir, alergi, golongan darah, dan kondisi medis di bagian emergency info.
Emergency info ini bertujuan untuk menunjukkan data medis dari pengguna HP yang pingsan karena kecelakaan. Makanya, walaupun HP kamu telah dilindungi oleh password, orang yang menemukannya seperti pekerja rumah sakit ataupun polisi tetap bisa melihat data ini di lock screen kamu.

Karena bisa diakses oleh siapa saja yang menemukan smartphone kamu, kamu harus berhati-hati karena jika HP-nya hilang atau dicuri, data pribadi kamu bisa disalahgunakan oleh pencuri atau oknum lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!