Root

Cara Unroot SuperSU Menggunakan Aplikasi dan TWRP

Cara Unroot SuperSU Android Tanpa PC – Banyak cara untuk mendapatkan akses root di perangkat Android kita ada yang menggunakan Kingoot, Kingo Root, Magisk, SuperSU dan masih banyak lagi. Nah untuk kamu yang mendapatkan akses root dengan menggunakan SuperSU, disini saya akan memberikan tutorial cara unroot SuperSU.

Seperti kita ketahui SuperSU adalah root tool yang paling populer sebelum hadirnya Magisk. Root Tool yang dikembangkan oleh Chainfire ini sangat ampuh untuk meroot berbagai perangkat Android baik itu masih menggunakan Android 2.1 Eclair sampai dengan Android 7.1 Nougat.

SuperSU ini bekerja dengan menanam beberapa binary file ke sistem Android yang kita miliki sehingga kita bisa mendapatkan hak akses ke sistem Android. Selain itu kita juga bisa mengontrol akses root ini melalui aplikasi SuperSU yang ikut terinstall setelah kita melakukan flashing SuperSU via TWRP.

Beberapa Alasan Unroot SuperSU

Dan banyak alasan kenapa kita harus melakukan unroot kembali atau menghilangkan akses root yang sebelumnya kita dapatkan.

Tentunya kamu mempunyai alasan tersendiri untuk melakukan unroot, banyak sebab mengapa kita terpaksa harus unroot.

  • Saat ini banyak aplikasi yang mewajibkan lolos SafetyNet seperti aplikasi perbankan, Ojek Online dan lain-lain, sehingga apabila ketahuan Android yang kita gunakan sudah di root, aplikasi yang kita install tersebut tidak akan bisa digunakan.
  • Terkadang root bisa menyebabkan sistem Android menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan Android kita menjadi panas, sering hang, Force Close dan lain sebagainya.
  • HP atau Tablet yang di root biasanya nilai jualnya menurun, banyak pembeli akan menawar rendah apabila ketahuan sudah di root.

Untuk kamu yang memang sudah berniat menghilangkan akses root SuperSU ini, disini saya share 2 metode yang bisa kamu gunakan.

Cara Unroot Menggunakan SuperSU

Aplikasi SuperSU ini memiliki banyak pengaturan ada untuk mengatur akses deafult, perlindungan tap jacking, ganti tema, ganti bahasa dan Full Unroot / Menghapus root.

Fitur Full Unroot atau Unroot penuh berguna apabila kamu ingin menghilangkan root di Android yang telah sukses di root dengan SuperSU.

  1. Pertama buka aplikasi SuperSU
  2. Pilih menu Pengaturan yang ada dipojok kanan atas kemudian kamu pilih Full Unroot atau Unroot Penuh
    Full Unroot SuperSU
  3. Setelah muncul notifikasi untuk konfirmasi unroot, kamu pilih Lanjutkan. Setelah sukses silahkan di Reboot.
    Uninstall SuperSU Lewat TWRP

Catatan tambahan:
Di beberapa custom ROM yang pernah saya buat, biasanya tidak menyertakan aplikasi SuperSU, untuk mengatasi masalah ini kamu install aplikasi SuperSU di Google Play Store. Kemudian buka aplikasi tersebut nanti akan diminta update binary, kamu pilih Normal setelah itu lakukan unroot seperti di atas.

Menghilangkan root dengan menggunakan fitur Unroot yang ada di aplikasi SuperSu terkadang mengalami kegagalan alias failed, ataupun hanya terhenti di proses waiting saja.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan unroot lewat custom recovery seperti TWRP.

Cara Unroot SuperSU Menggunakan TWRP

Alternatif lain yang dapat kamu gunakan adalah melalui TWRP untuk menghapus SuperSU. Cara ini disarankan karena lebih aman daripada cara di atas. Untuk mengikuti metode kedua ini, pastikan HP Android milikmu sudah terpasang TWRP atau CWM.

  1. Download file SuperSU Uninstaller.
  2. Letakan file SuperSU Uninstall di Memory Card atau penyimpanan internal.
  3. Masuk ke Recovery TWRP Mode.
  4. Pilih install dan pilih file Update-SuperSU-Uninstaller.zip
  5. Langkah selanjutnya geser Swipe to flash yang ada dibawah.
  6. Kalau sudah selesai silahkan di Reboot.

Setelah sampai diberanda, kamu bisa lihat dimana aplikasi SuperSU sudah tidak ada lagi.

Demikianlah 2 cara unroot supersu yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan akses root. Semoga tutorial ini bisa berguna buat kamu.

Tags

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close