Cara Menyembunyikan Root Lewat Magisk Hide Dan Root Cloack

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menyembunyikan root agar tidak terdeteksi oleh aplikasi serta game yang menerapkan SafetyNet. Untuk caranya juga mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Magisk Manager dan Root Cloack.

Saat ini banyak aplikasi Android yang sudah mengadopsi SafetyNet seperti aplikasi perbankan (BCA Mobile, Mandiri Online, BRI Mobile), Dompet Digital (OVO, LinkAja, DANA, GOPay, T-Cash), Ojek Online (Gojek, GRAB). Yang mana aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan bisa digunakan di HP yang sudah di root.

Tujuan SafetyNet dibuat oleh Google untuk mengurangi resiko dari Hacker ataupun pengguna yang ingin mencurangi sistem aplikasi atau game yang digunakan misalkan mockup location tanpa terdeteksi dan memilih order untuk memaksimalkan bonus pada aplikasi ojek online atau digunakan untuk cheat game.

Tetapi tidak semua pengguna HP yang sudah di root bertujuan seperti itu. Pastinya ada banyak alasan kenapa kita berkeinganan untuk meroot Android kita.

Nah, untuk kamu yang ingin tetap menggunakan aplikasi seperti diatas di HP yang sudah di root, kamu bisa melakukan bypass atau menyembunyikan status root dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Untuk kamu yang menggunakan Magisk bisa memanfaat fitur Magisk Hide untuk menyembunyikan status root agar tidak terdeteksi oleh aplikasi tersebut dan metode ini sangat di rekomendasikan dibandingkan menggunakan RootCloak.

Cara Menyembunyikan Status Root Lewat Magisk

  1. Buka Magisk Manager dan klik 3 baris di pojok kiri atas.
  2. Selanjutnya pilih Setelan.
  3. Aktifkan fitur Magisk Hide
  4. Kemudian pilih Sembunyikan Magisk Manager. Selanjutnya isi nama apa saja.
  5. Kalau sudah nanti Magisk Manager akan berubah namanya sesuai yang kamu tulis.
  6. Sekarang pilih Magisk Hide, kemudian pilih aplikasi dan game yang mendeteksi HP yang sudah di root.
  7. Kalau sudah coba buka aplikasi tersebut apakah masih bisa mendeteksi atau tidak

Nah, sekarang bagaimana dengan yang root menggunakan SuperSU?
Bagi kamu yang menggunakan SuperSU untuk mendapatkan akses root, bisa menggunakan Xposed Framework dan Module Root Cloack untuk bisa sembunyikan akses root.

Cara Menyembunyikan Root Dengan RootCloak

  1. Buka Xposed dan pilih Module selanjutnya pilih Download kemudian install RootCloak.
  2. Kalau Module RootCloak sudah terpasang, Aktifkan module tersebut. Kemudian Restart.
  3. Selanjtunya buka Root Cloack, lalu pilih Manage App.
  4. Klik tombol + yang ada di pojok kanan atas.
  5. Tambahkan aplikasi yang kamu ingin sembunyikan status root-nya.
  6. Kalau sudah, silahkan Restart Hp kamu.

Dari kedua cara diatas, menurut saya lebih baik menggunakan Magisk, karena aplikasi ini masih terus dikembangkan berbeda dengan Root Cloack yang sudah lama tidak diupdate.

Demikianlah 2 cara untuk menyembunyikan status root HP kita dari aplikasi dan game yang menerapkan safetyNet. Semoga dengan adanya panduan ini, kamu bisa dengan bebas menggunakan aplikasi perbankan, Ojek Online, E-Wallet (Dompet Digital), Snapchat, bermain game Pokemon GO, Mario Kart Tour dan lain sebagainya.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *