ROOT

Cara Mudah Root Dan Install TWRP Xiaomi Redmi 4X “Santoni”

Cara Root Dan install TWRP di Redmi 4X MIUI 8 / 9 / 10 – Kata Root dan TWRP hampir tidak terpisahkan, memang terasa hambar kalau sudah sukses Unlock Bootloader tidak memasang TWRP dan melakukan root. Kamu pengguna Redmi 4X aka Santoni ini bisa mengikuti tutorial pasang TWRP dan Root di bawah ini.

Kalau dahulu kita ingin pasang TWRP harus di root terlebih dahulu tapi sekarang untuk mendapatkan akses root kita di wajibkan untuk memasang TWRP terlebih dahulu. Karena sampai saat ini belum ada aplikasi yang bisa mendapatkan hak akses root di Redmi 4X.

Seperti kita ketahui bersama, aplikasi root tool terkenal seperti Kingroot maupun Kingo Root sudah tidak mampu lagi menjebol akses root di Android Marshmallow dan Nougat.

Untuk itu kamu memang membutuhkan TWRP agar bisa memasang root tool seperti SuperSU dan Magisk. Disini saya coba jelaskan secara rinci proses pemasangan TWRP dan instalasi SuperSU atau Magisk untuk mendapatkan akses root Redmi 4X ini.

Pengertian Root

Root adalah hak akses kita ke sistem operasi Android sehingga kita memiliki akses tanpa batas dimana kita berhak untuk melakukan perubahan pada sistem seperti menambah, menghapus, memodifikasi file-file yang terdapat di Android.

Pengertian TWRP

TWRP (Team Win Recovery Project) adalah pengembangan dari Stock Recovery. Dimana Team Win selaku pengembang melakukan perubahan pada system recovery android untuk mempermudah kita para pengguna melakukan modifikasi, menghapus, menginject file sistem android seperti instalasi custom rom, install root tool seperti Magisk atau SuperSU, pasang Xposed Framework dan lain sebagainya.

Syarat Root Dan TWRP Redmi 4X

  1. Sudah berhasil Unlock Bootloader. Kalau belum silahkan mengikuti tutorial Unlock Bootloader Redmi 4X disini.
  2. Memiliki PC/Laptop, kalau tidak punya pinjam teman atau ke WARNET.
  3. Siapkan Kabel USB berkualitas baik (sebaiknya gunakan kabel original xiaomi)

Cara Install TWRP Redmi 4X

  1. Download terlebih dahulu Toolkit TWRP Redmi 4X ini.
  2. Extract file toolkit TWRP tersebut di Komputer/Laptop.
  3. Masuk ke Fastboot Mode, Matikan HP terlebih dahulu kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, kemudian hubungkan smartphone ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
    Cara Mudah Root Dan Install TWRP Xiaomi Redmi 4X "Santoni" 2
  4. Double klik file Flash-TWRP.bat yang ada di folder TWRP Redmi 4X.
    Cara Mudah Root Dan Install TWRP Xiaomi Redmi 4X "Santoni" 3
  5. Kalau sudah muncul tulisan “press any key to continue“, klik ENTER (atau tombol apa saja yang ada di keyboard)
    Cara Mudah Root Dan Install TWRP Xiaomi Redmi 4X "Santoni" 4
  6. Proses instalasi di mulai dan otomatis setelah terinstall akan langsung masuk ke TWRP.
  7. Setelah berada di TWRP, pilih Mount dan nonaktifkan “Mount system partition read-only” tujuanya agar saat reboot dan install ROM TWRP nya tidak hilang.
  8. Sekarang silahkan di Reboot

Sekarang kamu sudah bisa memasang berbagai custom rom Redmi 4X tapi kalau ingin di root juga bisa langsung mengikuti proses ngeroot di Redmi 4X melalui TWRP dengan root tool seperti SuperSU dan Magisk.

Cara Root Redmi 4X Via TWRP

  1. Download file root, silahkan pilih salah satu. Magisk Root atau SuperSU
  2. Setelah file root telah terdownload, sekarang masuk ke TWRP dengan cara matikan Redmi 4X nya kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan, tahan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI
  3. Kemudian pilih install dan pilih file Root nya setelah itu Swipe to flash
    Cara Root Redmi 4x dengan magisk
  4. Kalau sudah selesai silahkan di Reboot

Demikianlah proses pemasangan TWRP dan mendapatkan akses root Xiaomi Redmi 4X di OS Android Marshmallow dan Nougat baik itu MIUI 8, MIUI 9 maupun MIUI 10. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat.

Loading...
Tags

Artikel Terkait

4 Comments

  1. Min kenapa FlashTWRP.bat kalau sudah di klik tulisan yang ada pada bagian atasnya itu ada tulisan For xiaomi redmi 5A.
    Apa ngak apa2? Soalnya takut botloop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *