Cara Mudah Unlock Bootloader / UBL Motorola

Tutorial lengkap cara unlock bootloader di semua smartphone Motorola. Semua perangkat Android dari Motorola untuk membuka akses root dan menginstall custom recovery, kamu di wajibkan melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu. Apabila kamu pengguna Motorola yang lagi mencari info tentang bagaimana cara unlock bootloader di semua perangkat Motorola, hari ini saya akan memberikan tutrorialnya.

Bootloader adalah program kecil yang bertugas mengatur proses booting dari smartphone kita. Selama bootloader ini terkunci kamu tidak bisa melakukan modifikasi seperti install TWRP, Install ROM. Kamu harus request terlebih dahulu ke pihak Motorola agar di berikan kunci unlock buat Smartphone kamu.

Cara Unlock Bootloader di Motorola ini termasuk mudah dan cepat tapi kamu membutuhkan Komputer atau laptop untuk menjalankan step by step dari cara Unlock Bootloader Motorola di bawah ini.

Tapi sebelum mencoba mengikuti tutorial ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui:
1. Pihak Motorola tidak akan menerima klaim garansi apabila status perangkat kamu unlocked. Lakukan re-lock Bootloader terlebih dahulu apabila ingin klaim garansi.
2. Unlock Bootloader akan menghapus semua data tanpa terkecuali. Lakukan backup terlebih dahulu isi file pada internel storage.
3. Sebaiknya batere masih terisa minimal 50%, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Metode UBL ini bisa diterapkan di semua smartphone Motorola seperti Moto E, Moto G, Moto E4, Moto M, Moto Z, Moto C, Moto G4, Moto G5 Plus dan lain sebagainya. Tetapi ada beberapa yang bundling dengan operator Verizon dan Amazon tidak bisa di UBL.

Proses Lengkap UBL Motorola

Pertama aktifkan dulu USB Debugging Motorola kamu dengan cara klik 7x pada tulisan Build Number / Nomor Bentukan sampai muncul tulisan “Anda sekarang adalah seorang pengembang“.
Sekarang menu Developer Option / Opsi Pengembang telah terbuka, kamu sudah bisa masuk, kemudian aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

Sekarang masuk ke Fastboot Mode, caranya matikan HP Motorola kamu kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power beberapa saat kemudian lepaskan. Kalau berhasil masuk ke Fastboot Flash Mode akan nampak seperti gambar di bawah ini.

Sekarang kamu download file ADB Fastboot, setelah itu extract filenya di PC atau Laptop Windows kamu.

Langkah selanjutnya double klik file yang bernama start.cmd, Sekarang Command Prompt telah terbuka.

Kemudian ketik : fastboot oem get_unlock_data

Nanti akan muncul tulisan seperti gambar di bawah ini, kamu copy key yang ada di command prompt. Bagi yang belum tahu cara copy. Klik kanan kemudian pilih Mark.

Kemudian kamu sorot semua string bootloader setelah itu klik ENTER, agar string tersebut bisa tercopy.

Sekarang buka Notepad dan paste string yang sudah tercopy tadi.

Kemudian hapus spasi nya sehingga tulisanya menjadi sambung. lihat contoh gambar di bawah ini.

Sekarang kamu buka Situs Motorola untuk request Unlock Bootloader. Kamu nanti di minta login bisa pakai ID Motorola atau menggunakan Akun Google.

Telah kamu login, akan di bawa ke halaman GET YOUR DEVICE ID & UNLOCK CODE. Kamu paste code tadi di step ke 6, kemudian klik “Can my device be unlocked?”.

Nanti akan di cek apakah perangkat Motorola nya bisa di unlock, kalau bisa nanti pada bagian bawah akan muncul tombol Request Unlock Key. Kamu beri centang pada “I Agree” kemudian klik tombol Request Unlock Key.

Sekarang kamu tinggal menunggu email dari Motorola yang berisi kode unlock bootloadernya. Silakan menunggu sekitar 1 – 5 hari. Nanti kamu akan menerima email berisi 20 kode unik buat UBL.

Langkah selanjutnya, masuk ke Fastboot Mode kemudian jalankan ADB Fastboot dengan klik 2x Start.cmd. Contohnya kamu mendapatkan kode unik : UCIBEABO5MDN3JBDD5L6 (ingat kode ini hanya contoh saja)

bearti ketikan perintah seperti ini: fastboot oem unlock UCIBEABO5MDN3JBDD5L6

Motorola kamu akan reboot dan akan ter format, dan akan nampak tulisan Warning Bootloader Unlocked setiap Motorola kamu di dihidupkan, seperti gambar di bawah ini.

OK, sekarang saya yakin kamu pasti sudah sukses melakukan Unlocked Bootloader pada perangkat Motorola kamu. Kalau masih gagal coba ganti port USB dan pastikan kamu menggunakan kabel USB dengan kualitas yang baik.

Related

Beri Komentar

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *